Jambu Biji

jambu biji

Tahukah Anda tentang manfaat buah jambu biji?

Buah jambu biji mempunyai nama ilmiah Psidium Guajava. Kandungan buah jambu biji juga sangat banyak, mulai dari kandungan vitamin A, vitamin B dan C. selain itu, dalam jambu biji ini terdapat kandungan serat dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Sebab kandungannya yang terdapat pada kedua jenis jambu ini hampir sama. Hanya ada sedikit perbedaan dari zat warna merah pada jenis jambu biji merah. Satu yang menjadi keistimewaan dari jambu biji merah adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Kandungan zat warna merah dapat meningkatkan kadar darah dan mengganti sel darah merah yang terkena virus demam berdarah.

Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Selain manfaat diatas, jambu biji juga mempunyai manfaat lainnya untuk kesehatan kita. Apa saja manfaat tersebut? Mari kita simak beberapa manfaat dari jambu biji dibawah ini:

  • Mengobati sembelit, sebab kandungan serat yang tinggi pada jambu biji membantu proses pencernaan. Kandungan mineral dan serat pada jambu biji juga melindungi selaput membran mukosa usus.
  • Serat, mineral dan vitamin dalam buah jambi biji mampu menjaga kekebalan tubuh. Hal ini sangat dibutuhkan bagi yang terkena virus nyamuk demam berdarah dan penyakit lainnya.
  • Manfaat buah jambu biji untuk kesehatan lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makanan. Kandungan vitamin B3 dan B6 sangat baik untuk perkembangan rangsang otak dan menambah nafsu makan.

Selain itu, jambu biji juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bagi wanita yang ingin mempunyai kulit halus alami, kandungan vitamin C sangat baik untuk menjaga kondisi kulit tetap sehat. Cara mengkonsumsi buah jambu biji bisa dengan dimakan segar atau diolah menjadi jus. Sebaiknya ketika mengkonsumsi jambu biji tidak dengan bijinya. Cukup daging buahnya saja, sebab biji dari jambu akan sulit dicerna oleh sistem pencernaan.