Olahan BIT Sehat Kaya Manfaat

BIT merupakan sejenis tanaman umbi-umbian yang kaya gizi. Buah dengan nama latin Beta vulgaris ini biasa dijadikan pewarna alami. Buah ini juga bisa dibuat sup, salad, asinan, dan sebagai makanan pendamping ASI.

Penyuka makanan sehat tentunya tahu buah bit. Tanaman yang masuk dalam golongan umbi-umbian ini awalnya terdapat di wilayah Amerika dan Inggris. Kendati sulit ditemukan, buah bit banyak dijual di supermarket atau toko buah yang juga menjual buah impor. Buah bewarna merah keungu-unguan ini biasa dijadikan sebagai pewarna alami makanan.
Untuk diketahui, buah bit menyimpan segudang nutrisi. Antara lain vitamin C, magnesium, asam folat, fosfor, betasianin, kalium, dan serat. Kadar serat di dalamnya bermanfaat untuk menuntaskan gangguan pencernaan. Sementara keampuhan buah bit untuk kesehatan organ hati bisa diketahui dari kesanggupannya menghilangkan racun yang menumpuk pada empedu ataupun organ ginjal.
Buah bit juga diyakini berkhasiat dalam menghancurkan sel tumor dan sel kanker, memperkuat fungsi darah dan mengatasi anemia, memproduksi sel-sel darah merah, menurunkan kadar kolesterol, dan membersihkan serta menetralkan racun di dalam tubuh. Tak dimungkiri, rasa buah ini memang langu. Namun, jangan pikirkan soal rasa, ambillah manfaatnya yang baik untuk kesehatan.
Tak ada salahnya mulai hari ini Anda memasukkan bit dalam diet Anda.

sup bit

Kemudian bilas menggunakan air mengalir sembari dikupas kulit luarnya. Sesudah kulit buahnya hilang, barulah buah bit siap diolah.
Buah bit juga lazim dimanfaatkan sebagai bahan pewarna. Redvelvet cake yang Anda nikmati, bisa jadi mengambil warna merah dair buah ini. Cara mengolah buah bit menjadi pewarna merah sebenarnya sama dengan wortel, yaitu dengan menghancurkan atau memblender bersama sedikit air, lalu memeras sari-sarinya. Air perasan inilah yang dipakai sebagai pewarna merah pada makanan.
Tidak hanya dapat digunakan dalam campuran cake, buah bit juga enak dikreasikan sebagai campuran mocktail yang segar dan sehat. Siapkan bahannya, 75 gram wortel, kupas, cuci bersih, potong-potong; 50 gram bit, kupas, cuci bersih, potong-potong; 50 gram es bati, serut; 50 militer air jeruk mandarin, can 10 gram stroberi segar.
Cara membuatnya, haluskan semua bahan ke dalam blender lalu sisihkan. Siapkan gelas saji dan masukkan campuran minuman ke dalam gelas. Mocktail bit siap dinikmati. Air jeruk mandarin berguna untuk menyegarkan minuman serta menghilangkan rasa langu buah bit . Tambah lagi, jeruk menyumbang vitamin C yang tinggi pada mocktail ini.
Tak hanya sehat dikonsumsi orang dewasa, buah pit juga baik untuk tumbuh kembang si kecil. Kenalkan buah bit sejak bayi berusia enam bulan pada menu MPASI (makanan pendamping ASI). Resep bit tumbuk cocok diberikan bagi bayi usia 6-9 bulan. Bahan yang dibutuhkan, yakni 20 gram buah bit dan 100 gram kentang, 100 gram pir, 100 militer ASI atau 3 sendok takar susu formula. Untuk membuatnya, kukus buah bit dan kentang secara terpisah. Tumbuh keduanya sampai halus. Lalu kukus pir dan haluskan. Campurkan ke dalam bit dan kentang, tambahkan ASI atau susu formula yang sudah diseduh air matang dan aduk merata. Nilai gizi yang terkandung dalam resep ini, di antaranya energi sebesar 116 kilo kalori, 3 gram protein, 1,2 gram lemak, dan karbohidrat sebanyak 24 gram. Jadi, jangan ragu mengolah buah bit untuk disajikan bagi keluarga tercinta.