Cara Hidup Sehat Dan Bugar Para Lansia

Screenshot_104Usia senja sering dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan menurunya kualitas hidup, baik itu fisik maupun psikis. Lansia akan mengalami kondisi immunosenescence, yakni menurunnya kekebalan tubuh pada seseorang sehingga respon imun tubuh terhadap pertahanan infeksi kuman dan virus menurun. Akibatnya, lansia lebih mudah terkena infeksi dan bahkan sering disertai dengan komplikasi yang berat. Selain itu, bila sudah terinfeksi, pengendalian penyakitnya akan lebih sulit sehingga meningkatkan angka kesakitan setara kematian kelompok. Oleh karena itu, aspek promotif dan preventif pada pelayanan kesehatan lansia merupakan upaya penting yang harus dilakukan. Upaya di kedua bidang ini sangat signifikan untuk disebarluaskan.

Sehat  di usia lanjut yang menjadi tujuan kita semua, memerlukan berbagai upaya. Salah satu di antaranya upaya pencegahan penyakit menular dengan vaksinasi. Vaksinasi yang dianjurkan pada lansia diantaranya influenza, pneumonia, dan herpes zoster. Permasalahan kesehatan yang kerap dialami lansia adalah penyakit kronis degeneratif yang bisa di katakan tidak dapat sembuh dan memerlukan pengobatan berkesinambungan dalam jangka panjang seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes melitus, kanker penyakit paru obstruktifkronis, dan demensia. Mengingat sistem imunitas manusia memang akan menurun seiring pertambahnya usia. Penyakit infeksi yang dimaksud, antara lain pneumonia, herpes zoster, tuberkulosis, influenza, infeksi saluran kemih, dan infeksi saluran cerna. Persepsi masyarakat yang menganggap normal terhadap penurunan kualitas kesehatan lansia juga patut dibenahi.
Lansia kurang gizi dan berat badan dianggap lumrah karena faktor usia. Gejala depresi pada orang tua juga kurang diperhatikan, keluhan lemas dan selalu ingin tidur juga jarang dieksplorasi legih lanjut penyebabnya. Padahal, lansia yang sehat itu harus aktif dan sehat mental. Untuk melakukan vaksinasi dikarenakan pencegahan terhadap penyakit infeksi merupakan hal yang amat penting bagi orang tua. Ketika seseorang yang berusia lanjut jatuh sakit terkena infeksi, penyakitnya akan lebih berat, fase penyembuhan lambat  dan sulit pulih, bisa memperberat penyakit penyerta lain. Para lansia perlu didukung keluarga untuk melakukan vaksinasi ini. Pencegahan penyakit menular pada orang dewasa dapat diturunkan risikonya dengan vaksinasi. Bahkan, vaksinasi pada usia lanjut tidak hanya menurunkan angka penularan penyakit, juga dapat mencegah kematian.