Singkirkan Nyeri Otot, Aktivitas Lancar

Screenshot_42

Pegal dan nyeri otot saat menjalankan aktifitas sehari hari jangan dianggap sepele. Jika tidak diatasi dengan benar, lamkelamaan akan mengganggu kehidupan dan mengurangi produktifitas kerja anda. Mulai  dari duduk lama menyetir mobil, mengetik didepan computer, menggunakan sepatu hak tinggi, posisi tubuh yang salah, hingga mengankat berat badan secara tiba-tiba bisa berpotensi mebuat kondisi otot menjadi terganggu. Namun, karena sebagian besar dari rasa sakit tersebut hilang dengan sendirinya,  biasanya dengan menempelkan koyo, obat oles atau dipijat, banyak masyarakat yang menganggap remeh masalah ini. Nyeri otot sering terjadi saat beraktifitas sehari–hari, terutama paling sering menyerang otot penunjang tubuh seperti dileher, bahu, siku, pinggang, dan mulut.

Nyeri otot adalah  otot kerangka yang mengalami peregangan dan kekuatan karena gerakan berlebihan atau tidak seimbang Akibatnya, otot mengejang setelah berkontraksi dalam waktu lama tanpa berhenti.  Karena otot kurang mengalami relaksasi  plus pergerakan tubuh terbatas atau statis otot akan memendek secara tiba-tiba dan meradang. Ini sebernarnya reaksi tubuh  yang normal dan alami  untuk melindungi tubuh dari beban yang terlalu berat, akibat pemendekan jaringan desekitar otot yang berasa nyeri  meradang, otot menjadi tidak efektif dan tidak produktif. Adapun pegal, yaitu rasa tidak nyaman pada otot yang sering dikaitkan dengan gangguan pada tubuh yang memengaruhi sistem saraf somatosensorik. Rasa pegal juga tidak terjadi akibat penumpukan asam laktat yaitu saat kita kurang melakukan peregangan. Nyeri otot berbeda dengan nyeri sendi dapat terjadi dengan tanpa gerakan dan jika parah bisa membuat kita sulit bergerak.
Pegal dan nyeri otot terasa 24 jam setelah berolah raga. Namun banyak juga dengan adanya masalah ini, merupakan gejala utama dalam sejumlah kondisi medis dan secara signifikan dapat mengganggu kualitas hidup seseorang dan fungsi tubuh pada umumnya. Kondisi yang bisa menjadi pemicu nyeri otot diantaranya cidera atau trauma, termasuk kesleo dan kejang otot, bisa juga akibat penggunaan otot secara berlebihan, cepat dan sering, serta karena tekanan atau stress akibat pekerjaan. Posisi tubuh yang salah saat melakukan kegiatan juga menjadi penyebab. Misalnya duduk kurang tegak didepan komputer, mengangkat barang dengan terburu-buru tanpa membengkokkan lutut, atau mengambil sesuatu yang tinggi tanpa menaiki benda lain untuk membantu.
Yang penting harus santai dan rileks, karena jika posisi salah ini didiamkan akan fatal akaibatnaya. Bisa jadi cedera otot berat. Meski tidak nyaman, Anda jangan buru-buru minum obat penghilang rasa sakit karena pegel–pegel dan nyeri otot tersebut biasanya bisa ditangani sendiri, bahkan bisa sembuh hanya dengan beristirahat. Perawatan sendiri dengan menggunakan obat oles atau topical, atau ditempel koyo hangat, lebih dianjurkan. Namun, Perlu  diwaspadai cara pake dan dosisnya untuk meminimalkan efek samping. Cara lain untuk mencegah nyeri otot dan sendi adalah melakukan latihan peregangan setiap hari. Selain menjaga kebugaran tubuh secara umum, olah raga juga efektif melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan otot.