Puasa Bikin Awet Muda

Screenshot_63

Berpuasa dengan mengurangi asupan kalori hingga setengahnya selama lima hari saja disinyalir dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Banyak manfaat yang diperoleh selama berpuasa. Saat berpuasa secara otomatis asupan kalori dalam tubuh akan berkurang. Dengan mengurangi asupan jumlah kalori yang dikonsumsi hingga setegahnya selam lima hari dalam sebulan saja dapat membantu memperpanjang usia. Selain itu, menjalani puasa kurang dari seminggu dapat menunjukkan tanda-tanda penundaan penuaan, diabetes, penyakit jantung, dan kanker dibandingkan dengan kelompok yang tidak berpuasa. Efek baik akan tetap bertahan, meskipun mereka telah kembali pada pola makan normal. Namun, kehidupan yang sehat sudah bisa dimulai dengan berpuasa.

Berpuasa untuk jangka pendek ternyata dapat meningkatkan kesehatan. Namun, tidak bagi orang tua dan lemah fisiknya. Manfaat dari puasa dapat tetap dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, pastikan bahwa kecukupan vitamin dan mineral yang penting tetap dimasukkan untuk meminimalkan beban saat berpuasa. Berpuasa dapat mengurangi jumlah kalori dalam tubuh yang masuk melalui makanan. Puasa ketat dinilai sulit bagi orang untuk dilakukan secara terus menerus. Diet yang kompleks memicu efek yang sama dalam tubuh. Diet yang menyerupai puasa ini lebih mudah dan aman.  Makanan yang dikonsumsi dalam pola diet tersebut meliputi sup sayuran, makanan dan minuman energi, makanan ringan renyah, teh chamomile bunga, dan tablet rumus suplemen sayuran.

Buah Yang Baik Disantap Saat Sahur dan Berbuka

  • Kurma
    Dari berbagai macam jenis buah, kurma menempati urutan teratas sebagai buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama berpuasa. Hal ini terjadi karena buah kurma adalah makanan yang memiliki kandungan gula glukosa yang sangat tinggi, Glukosa yang terdapat di dalam buah kurma berfungsi untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh kita.
  • Pisang
    Buah pisang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk mengurangi asam lambung. Buah pisang juga memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh sehingga sangat pas bila kita mengonsumsinya saat berpuasa.
  • Blewah
    Buah yang rasanya manis ini memiliki tugas untuk absorpsi, yaitu melakukan penyerapan pada usus karena kita sering tergesa-gesa saat mengunyah makanan. Tidak hanya itu, buah blewah juga sangat membantu untuk menyerap zat-zat dari makanan yang banyak bumbunya, juga endap obat-obatan.
  • Stroberi
    Buah yang kaya akan vitamin A, vitamin B, dan vitamin B1, vitamin C, dan antioksida ini sangat baik untuk orang yang sedang berpuasa. Hal ini terjadai karena kandungan antioksidan di dalam buah stroberi berperan untuk melawan radikal bebas sehingga daya tahan tubuh kita akan senantiasa kuat.
  • Apel
    Buah apel terbukti mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam darah serta mampu mengatasi masalah nafsu makan yang benar saat puasa.
  • Pepaya
    Kandungan provitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam buah pepaya sangat membantu untuk memecah makanan di dalam pencernaan. Hal ini akan membuat saluran pencernaan kita menjadi lancar, dan masalah seperti susah BAB-pun akan teratasi.