Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka

 

Screenshot_99Biasanya tubuh akan melewatkan masa transisi selama 7 hingga 10 hari sejak pertama kali berpuasa. Setelah periode tersebut, tubuh akan mulai terbiasa dan tidak lemas seperti saat awal-awal berpuasa. Selain itu tubuh juga membutuhkan asupan makanan pada malam hari saat sahur dan akan menerima asupan lagi saat berbuka puasa. Menjelang sore, kadar gula dan cairan dalam tubuh sudah berada dalam kondisi terendah. Oleh karena itu, saat berbuka cukupi kadar gula yang sudah rendah dan minum air yang cukup. Untuk asupan gula akan lebih baik mengonsumsi bahan-bahan alami yang berasal dari buah-buahan dari pada yang menggunakan gula tambahan. Seperti sirup atau kolak. Selain kebutuhan gula tercukupi, tubuh akan lebih bugar dan sehat. Selain itu, konsumsi gula dari bahan alami dapat mempertahankan kadar gula dalam jangka waktu yang lebih lama. Usahakan untuk tetap mengonsumsi asupan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Perbanyak asupan serat dari sayur-sayuran dan buah. Makanan yang mengandung zat serat akan memperlambat proses makan di dalam sistem pencernaan dan akan membantu membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lama.

Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa :

  • Air putih
    Saat berbuka sebaiknya menghindari konsumsi makanan atau minuman yang bersifat diuretik, yaitu makanan atau minuman yang mempercepat proses pelepasan cairan tubuh. Misalnya asparagus, seledri, teh hijau, dan jus cranberry agar tidak mudah membuang urine.
  • Makanan atau minuman manis
    Screenshot_98Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula saat berbuka puasa dimaksudkan untuk mengembalikan energi di tubuh kita. Karena selama kurang lebih 12 jam berpuasa, tubuh kita banyak kehilangan kalori. Lebih baik mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula alami, seperti terdapat di dalam buah-buahan yang mengandung fruktosa.
  • Susu
    Minuman yang satu ini sudah terbukti mengandung kalsium dan protein yang berperan untuk menjaga jaringan tubuh. Selain itu, minum susu juga membuat kesehatan tulang kita senantiasa terjaga.
  • Sayur
    Saat berpuasa, kita dianjurkan untuk mengonsumsi 3 sampai 4 porsi makanan yang mengandung sayuran. Hal ini terjadi karena sayuran merupakan sumber makanan yang banyak mengandung serat, antioksidan, vitamin A, serta vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.
  • Roti
    Makanlah makanan-makanan seperti roti gandum ataupun beras merah saat Anda berbuka puasa. Makanan tersebut merupakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang cukup tinggi.
  • Daging
    Konsumsilah daging ayam, ikan, kambing, ataupun daging sapi sebanyak 1 sampai 2 porsi saat berbuka puasa. Ada baiknya juga kalau kita mengonsumsi kacang-kacangan. Kedua makanan ini mengandung protein, mineral, vitamin, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh kita yang sedang berbuka puasa.