Hal-hal Dalam Mengkonsumsi Susu Kedelai

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi susu kedelai adalah :

Screenshot_57

  • Hal yang perlu diperhatikan bagi bayi
    Susu kedelai dan susu sapi memiliki kandungan protein yang sama, tetapi kandungan lemak, kalsium dan fosfor susu sapi lebih banyak. Susu kedelai memiliki kandungan zat besi yang lebih banyak dibanding susu sapi, sehingga susu kedelai tidak dapat mengantikan nilai gizi susu sapi untuk bayi. Bayi berumur di atas 12 bulan boleh mengkonsumsi susu kedelai, tetapi sebaiknya susu sapi dan susu kedelai, dua-duanya dikonsumsi. Ada beberapa bayi yang mengalami diare setelah minum susu sapi, ini merupakan reaksi alergi terhadap laktosa susu sapi. Bayi dengan alergi laktosa dapat mengkonsumsi susu kedelai karena mengandung ologosakarida yang 100% dapat diserap tubuh manusia. Susu kedelai bagi bayi gemuk lebih baik dari pada susu sapi karena susu kedelai memiliki glikemin indeks mencapai 30%, sedangkan sapi hanya 15%. Agar maksimal , kombinasikan susu kedelai dengan wortel karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

  • Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih alat
    Kualitas susu kedelai ada dua cara untuk mengukur kemampuan alat pembuatan susu kedelai, pertama dengan mengamati beberapa indikasi  seperti susu kedelai yang dihasilkan tercium wangi, kantal, tekstunya halus adan dan dalam keadaan dingin terdapat lapisan minyak di permukaan, cara kedua dengan melihat tekstur ampas, ampas kedelai harus seragam, bila tidak seragam akan kasar. menandakan nutrisinya tidak dapat dikeluarkan dengan baik, dan bukan saja rasanya tidak enak, nilai nutrisinya juga jauh di bawah nilai gisi yang seharusnya. Pilih alat yang tidak sekedar berkemampuan menggiling  tetapi juga alat yang dapat mempertahankan kandungan-kandungan penting kedelai sehingga menghasilkan susu kedelai lezat dan bergizi. Gunakan alat pembuat susu kedelai sesuai standar keamanan nasional sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Detail Pembuatan Susu Kedelai
    Memilih kedelai bagian yang penting saat ingin membuat susu kedelai karena akan  menentukan kualitas susu kedelai itu sendiri. Kacang kedelai berkualitas memiliki butiran yang penuh, ukuran dan warna yang mirip, tidak beraneka ragam, tidak rusak, tidak berkutu dan masih berbentuk utuh. Untuk hasil optimal, baiknya memilih kedelai yang melewati rekayasa genetika, kedelai ini memiliki kandungan protein sangat baik untuk dijadikan susu kedelai karena mengandung nutrisi yang lebih banyak. Gunakan air bersih untuk merendam, air bekas merendam kedelai jangan digunakan kembali. Warna air yang telah digunkan akan berubah menjadi kuning, permukaan air akan banyak gelembung karena kedelai memiliki sifat alkali yang kuat sehingga terfermentas. Dengan menggunakan air bekas, susu kedelainya bukan hanya tidak wangi tetapi juga tidak sehat lagi, setelah diminum dapat menimbulkan sakit perut, diare dan muntah-muntah.