Cara Sehat Mengonsumsi Susu Kedelai

Screenshot_56

Mengkonsumsi susu kedelai buatan sendiri memang baik, tetapi ada pula orang-orang yang tidak cocok mengkonsumsi susu kedelai. Orang-orang yang memiliki ciri-ciri dibawah ini tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai secara rutin. Kacang kedelai ternyata mempunyai aroma unik dengan rasa enak untuk diminum sebagai susu. Selain itu, kandungan antioksianin dari kacang kedelai hitam yang merupakan senyawa antioksidan, telah terbukti secara klinis sangat potensial untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini. Susu kedelai juga bisa sebagai alternatif pengganti susu sapi bagi vegetarian. Kaya protein nabati dan kalsium, juga baik untuk kesehatan jantung karena rendah lemak dan bebas kolesterol. Susu kedelai juga bermanfaat untuk kecantikan kulit karena mengandung antioksidan. Manfaat kacang kedelai bagi kesehatan sudah diketahui secara luas. Konsumsi makanan dan minuman olahan dari kacang kedelai, seperti tahu, tempe, dan susu kacang pun sudah menjadi kebiasaan masyarakat.

  •  Susu kedelai bersifat sejuk, bagi limpa dan perut yang lemah terhadap dingin agar mengkonsumsi dalam jumlah sedikit atau bahkan tidak sama sekali.
  • Susu kedelai dapat memicu produksi gas, bila mengalami gejala kembung dan diare setelah mengkonsumsi susu kedelai, sebaiknya tidak meminum  susu kedelai ini lagi.

  • Susu kedelai mengandung priceton yang tinggi, selain itu sebagian besar kedelai memiliki sifat yang dingin. Bagi Anda yang memiliki nyeri angin, kekurangan tenaga, tubuh lemah, lelah dan gejala lemah terhadap dingin lainnya tidak disarankan untuk mengkonsumsi susu kedelai.
  • Pengidap gastritis akut, kronis dan dangkal tidak tidak disarankan meminum susu kedelai karena dapat merangsang sekresi asam lambung yang berlebihan atau menyebabkan perut kembung.
  • Bagi yang kinerja ginjalnya tidak sempurna lebih baik tidak mengkonsumsi susu kedelai ini.

Cara yang tepat dan sehat untuk mengkonsumsi susu kedelai ini adalah sebagai berikut:

  1.  Sertai Makanan Lain
    Susu kedelai dapat dikonsumsikan dengan roti, biskuit dan makanan pati lain, membuat protein kedelai diserap maksimal dengan gizi yang lebih sempurna. Bila dikonsumsi bersama sayur dan buah, nilai gizinya akan menjadi lebih seimbang.
  2. Hindari Perut Kosong
    Konsumsi susu kedelai dalam keadaan perut terisi. Ketika perut kosong, kandungan proteinnya akan bertranformasi menjadi tenaga panas dan dapat hilang sehingga tidak dapat memberi efek nutrisi yang baik.
  3. Jangan Gunakan Termos
    Jangan menyimpan susu kedelai dalam termos karena memiliki lingkungan yang panas dan lembab, kondisi tersebut mudah memicu pertumbuhan bakteri. Setelah membuat susu kedelai cukup masukkannya ke dalam gelas tertutup. Dengan cara ini, susu kedelai dapat bertahan 3-4 jam.
  4. Konsumsi Secara Moderat
    Setiap hari cukup mengkonsumsi sekitar 250-300 cc. Bila menggunakan kemasan 200 cc, sehari cukup 2 kemasan saja.