Berikan Anak Kebebasan Bereksplorasi

Screenshot_68

Sebagai orang tua, kewajiban dalam menyediakan sandang, pangan, dan papan bagi buah hati tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Masih banyak ibu yang terlalu menjaga anak sehingga sang anak tidak bebas bereksplorasi, jangan sampai salah mengekspresikan cinta sejati kepada anak. Contoh, ada orang tua yang terlalu sayang kepada si anak dan malah mengekangnya. Sikecil acap kali dipeluk dan digendong karena khawatir anak jatuh atau terbentur. Penyebabnya adalah saking sayangnya ibu kepada si anak sehingga salah mengekspresikan bentuk cintanya dan terlalu berlebihan menjaga anaknya. Cinta sejati seorang ibu adalah yang membentuk anak untuk tetap mampu tumbuh menjadi menjadi pribadi yang mandiri. Berikan anak kebebasan dan bereksplorasi dan pstikan dalam ruangan yang aman biarkan si kecil mencoba untuk jatuh bangun, bahkan merasakn Kegagalan.

Lewat eksplorasi ini akan dilatih untuk mandiri. Termasuk dalam menetapkan kedisiplinan. Misalnya kapan waktu makan atau apa yang harus dimakan, hal ini merupakan salah satu bentuk disiplin yang bisa diberikan kepada si kecil. Stimulasi yang tepat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Guna membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, mandiri, serta berperilaku baik tentu saja harus dipersiapkan oleh orang tua. Yang pertama kali harus dipersiapkan adlah nutrisi untuk membentuk fisik yang sehat. Maka perlu asupan nutrisi yang baik (lengkap dan seimbang) asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia, akan bekerja dengan efektif dalam tubuh anak. Nutrisi yang tepat dapat melengkapi kebutuhan si kecil secara menyeluruh.

Tips Menstimulasi Anak 
Si kecil yang distimulasi dengan baik sejak dini ke depannya akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dari yang sulit. Anak juga menjadi lebih percaya diri dan berani untuk mengembangkan berbagai ide. Berikut ini tips memberikan stimulasi kepada anak.

  • Setelah melihat contoh dari orang tua, beri si kecil kebebasan untuk mencoba, meniru, dan mengulangi. Dengan mencoba dan mengulangi, si kecil akan membiasakan diri.
  • Dari pada hanya memberi perintah kepada anak, berikan contoh yang baik dengan kasih sayang setiap heri kepada si kecil, hal ini akan lebih efektif. Misalnya berbicara, bersosialisasi, toleransi, bersalaman, menggambar, dan lain sebagainya
  • Beri pujian dan penghargaan untuk sikecil apa pun pencapaian yang didapat oleh sikecil  agar dia merasa percaya diri. Si kecil yang percaya diri akan lebih berani untuk bereksplorasi.
  • Penghargaan bisa diberikan, misalnya dengan cara memeluk anak. Sementara pujian disampaikan dengan cara lebih lembut dan kasih sayang. Berikan saran kepadanya kalau memang dibutuhkan
  • Hindari terlalu banyak mengoreksi anak terlebih dahulu ketika sedang mencoba dan meniru. Jangan pula mencela si kecil.