Tips Agar Tidur Berkualitas

Screenshot_40   – Pola makan sehat
Perut yang lapar atau terlalu kenyang, maka akan kesulitan untuk mendapatkan
tidur yang berkualitas. Anda dapat membatasi minum sebelum tidur untuk
menghindar terbangun ingin buang air kecil. Begitu pula dengan minuman yang
mengandung kafein yang akan menghambat kualitas tidur Anda. Hindari
mengonsumsi makanan minimal 30-45 menit sebelum Anda tertidur.

– Rutinitas sebelum tidur
Bagi Anda yang kesulitan untuk tidur malam hari, Anda dapat melakukan rutinitas sebelum tidur malam hari seperti membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan dan sebaiknya lampu dalam keadaan redup. Kegiatan santai dapat membantu tidur yang lebih baik dengan mengurangi transisi antara sadar dan kantuk.

– Ruang tidur nyaman
Buat ruang tidur yang ideal untuk tidur, pertimbangkan untuk menggunakan kamar berwarna gelap, penyumbat telinga, atau perangkat lain untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kasur dan bantal juga dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik sehingga kebersihan dan kenyaman ruangan tidur sangat diperlukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

– Tepat jadwal tidur malam
Menepati jadwal tidur yang telah Anda buat akan membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Bila terbangun di tengah tidur malam, usahakan untuk tidur kembali agar tak merusak waktu tidur.

– Membatasi tidur siang
Tidur lama pada siang hari dapat mengganggu  tidur malam, apalagi bagi yang mengalami insomnia atau kualitas tidur yang buruk pada malam hari. Jika ingin tidur siang hari, batasi diri sekitar 10 sampai 30 menit.