Tanaman Ceplukan

Ciplukan-dan-Khasiatnya

Nama Daerah

Ceplukan (Jawa); cecendet (Sunda); yor-yoran (Madura); lapinonat (Seram); kapok-kapokan, ceplokan (Bali); dedes (Sasak); letokan (Minasa)

Morfologi Tanaman

Tumbuhan herba tahunan dengan tinggi 0,1-1 m. Batang berbentuk segi empat dan tegak, berkayu, dan lunak, hijau pucat. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm. Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7-9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2-4 cm panjangnya.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang bermanfaat adalah seluruh bagian tanaman. Tunas mengandung saponin, flavonoid, daun mengandung glikosida flavonoid (luteolin), buah mengandung polifenol, fisalin, withangulatin A, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, biji mengandung asam palmitat dan asam stearat, dan akar mengandung alkaloid. Penyakit yang bisa diobati adalah diabetes melitus, sakit paru-paru, obat bengkak, dan borok.

Cara Penggunaan

  1. Diabetes : Ambil tanaman ciplukan yang sudah kering sebanyak 30 gram. Rebuslah ciplukan tersebut dengan air sebanyak 3 gelas (300 ml) hingga mendidih. Angkat dan saring serta biarkan dingin. Minumlah 2 kali sehari pagi dan sore hari secara teratur.
    Untuk Diabetes Mellitus : Siapkan tanaman ciplukan yang sudah mempunyai buah lalu cabut beserta akar-akarnya lalu anda bersihkan sampai benar-benar bersih. Setelah itu anda rebus dengan takaran tiga gelas air sampai mendidih dan tersisa sekitar satu gelas air , kemudian anda saring dan siap anda minum. Lakukan satu kali dalam sehari.
  2. Untuk sakit paru-paruRebus 3-5 gelas air akar, batang, daun dan bunga herba ciplukan hingga mendidih. Saring dan minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  3. Ciplukan untuk mengobati pembengkakan prostat
    Rebus 9-15 lembar daun ciplukan hingga mendidih, saring dan minum hasil saringan tadi 2 kali sehari. Bila pembengkakan prostat akut minum 3 kali sehari.
  4. Ciplukan untuk obat luar
    Selain untuk penyakit dalam, Ciplukan juga bisa digunakan sebagai obat luar.
    – Mengobati Bisul. Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Terapkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari
    – Mengobati Borok. Daun Ciplukan sebanyak satu genggam dicuci Tambahkan air kapur sirih secukupnya lalu tumbuk hingga halus. lalu diturapkan ke borok. Ganti 2 kali sehari.

Kontraindikasi

Belum ditemukan efek samping maupun literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi dari konsumsi tanaman ceplukan..

Tetapi sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kewaspadaan.

  1. Bagi anak-anak: sebaiknya tidak mengonsumsi dengan dosis yang berlebihan sebelum herbalis dan doktr.
  2. Bagi ibu yang melahirkan dan menyusui: jangan mengonsumsinya.