Kondisi Lingkungan Pemicu Kanker

Makanan atau gaya hidup memang bisa menjadi penyebab kanker. Namun, ternyata faktor linkungan pun bisa memicu timbulnya penyakit mematikan ini di dalam tubuh. Setidaknya ada 6 kondisi lingkungan buruk yang dapat memicu kanker.

1. Asap Knalpot
Asap kenalpot kendaraan mengandung zat karsinogen yang berbahaya dan penyumbang utama polusi udara, serta dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Asap ini biasanya dikeluarkan truk, bus, kereta api, generator, kapal, dan kendaraan lain yang bermesin diesel. Orang-orang yang menghirup asap ini rentan terkena kanker.

2. Asap Rokok
Asap rokok dapat menimbulkan pencemaran udara dan berbahaya bagi kesehatan. Asap rokok yang mengandung zat karsinogen memiliki berbagai potensi penyebab kanker. Karsinogen ini termasuk bahan kimia yang sering dijumpai di rumah dan tempat kerja, serta di tempat umum.
3. Produk Kecantikan
Ini mungkin menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang, tapi sayangnya deodoran, bedak, pewarna rambut, dan kosmetik, serta produk makanan yang mengandung aspartame dan pewarna berpotensi menyebabkan kanker.
4. Zat kimia Berbahaya Di Dalam Rumah
Zat kimia yang ditemukan digedung-gedung tua membawa risiko kanker paru-paru dan perut. Bahan kimia yang digunakan dalam dry cleaning, seperti tetrachloroethylene juga bisa memicu beberapa jenis kanker. Ada baiknya menjemur pakaian yang telah di-dry cleaning di luar rumah supaya zat berbahaya pada pengeringan di mesin cuci bisa dihilangkan dengan panansnya matahari.
5. Radiasi Nuklir
Meskipun tidak semua bentuk radiasi berbahaya, ada beberapa jenis radiasi yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Radiasi pengion sangat berbahaya bagi kesehatan dan buruk untuk lingkungan. Radiasi tersebut biasa di kenal dengan radiasi atom atau radiasi nuklir yang memiliki kemampuan merusak DNA dan menyebabkan kanker.
6. Gas Radio Aktif
Gas radioaktif berwarna dan tidak berbau ini banyak ditemukan di dalam tanah dan batuan. Radondapat menyebabkan 20.000 kematian di Eropa setiap tahunnya. Tingginya kadar radon dikaitkan dengan kanker paru-paru, tapi ini biasanya terjadi hanya ketika radon mendapatkan akumulasi di daerah dan tidak mampu dihilangkan.