Bunga Matahari

gambar-bunga-matahari-6

Nama Daerah

Bunga panca matoari (Sumatra); kembang srengenge (Sunda); bunga ledomata (Maluku0; purbanegara (Jawa); kembang tampong are (Madura)

Morfologi Tanaman

Herba yang umumnya kurang dari setahun ini tumbuhnya tegak dengan tinggi 1-3 meter, berbatang basah dan berbulu (ditumbuhi rambut kasar)dan jarang bercabang. Daunnya tunggal dan lebar. Bunganya besar dengan mahkota berbentuk pita kuning di sepanjang cawannya, ditengahnya teredapat bunga-bunga kecil berwarna coklat.Bunga tumbuhan ini sangatBuahnya bertipe buah kurung (achene). Buah kering berdinding agak keras dan tak terlalu tebal ini sering disangka ‘biji’ bunga Matahari, karena memang tidak dapat dengan mudah dibedakan. Biji yang sesungguhnya terletak di dalam bunga matahari, terlindung oleh buah yang serupa tempurung. besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm), Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang bermanfaat adalah akar, bunga, dan biji. Kandungan yang terdapat pada bunganya adalah Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin,4-benzopyrene. Penyakit yang bisa diobati adalah rematik, disentri, dan infeksi saluran kencing.

Cara Penggunaan

  • Mengobati Sakit Kepala
    Ambil 30 gram bunga matahari, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam (jangan dipecahkan). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Kemudian air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.
  • Mengobati Rematik
    Untuk mengobati rematik, rebuslah 1 tangkai kepala bunga matahari sampai menjadi kanji. Kemudian tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.
  • Mengobati Disentri
    Seduh 30 gram biji bunga matahari, kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam. Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.
  • Melancarkan buang air besar dan kecil
    Jika Anda mengalami susah buang air besar ataupun susah buang air kecil, rebuslah 15-30 gram akar bunga matahari segar, kemudian minum airnya. Insya Alloh semuanya akan lancar kembali.
  • Infeksi saluran kencing
    Rebus 30 gram akar bunga matahari segar. Sewaktu akan mendidih, segera diangkat dan minum selagi masih hangat.

Kontraindikasi

Wanita hamil tidak dianjurkan mengonsumsi rebusan bunga matahari