Ayo Mulai Hidup Sehat

Berat badan berlebihan ataupun obesitas ini berunjung pada maraknya penyakit degeneratif. Ini adalah penyakit yang dipicu lantaran menurunnya fungsi organ tubuh yang bisa diderita oleh orang lanjut usia. Namun seiring perkembangan waktu, gaya hidup kurang sehat dan minim aktivitas fisik membuat penyakit ini banyak menyerang usia produktif. Penyakit degeneratif seperi diabetes, obesitas, penyakit jantung koroner, osteoarthritis, alzheimer, kanker, dan parkinson. Beberapa penyebab penyakit ini, di antaranya terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori dan kolesterol, stres, kurang aktivitas, kurang istirahat, dan paparan polusi termasuk merokok. Stres yang terlalu banyak dan terus-menerus dapat merusak kesehatan. Stres berkelanjutan dan menjadi kronis, memengaruhi berbagai organ tubuh, hormon, dan metabolisme tubuh.

 

Screenshot_30

Dampak stres pada otak, sel-sel saraf akan mengerut sehingga memicu terjadinya depresi. Hormon stres (adrenalin, kolestrol) yang meningkat akan menjadi racun pada saraf dan organ lain, kemudian mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Ini akan menimbulkan perubahan pada struktur pembuluh darah otak yang dapat memicu stroke. Pada jantung, stres menimbulkan perangsangan saraf simpatis. Irama detak jantung tak teratur hingga menimbulkan gangguan pembuluh darah jantung (penyakit jantung koroner). Sementara itu stres menimbulkan rasa tegang pada otot, kepala, dan leher. Stres juga menyebabkan sakit maag karena asam lambung meningkat. Sementara itu untuk makanan, orang kita memang amat hobi menyantap gorengan yang mengandung lemak dan garam serta makanan dengan tinggkat karbohidrat.
Anak-anak pun dibiasakan menyantap junk food, makanan ini mengandung lemak jenuh, dan garam. untuk menerapkan pola makan sehat mengacu pada healthy portion. Yakni cara mudah menentukan perbandingan zat gizi karbohidrat, protein, dan lemak dalam menu makanan sehari-hari. Pembagiannya sebagai berikut, 1/4 piring untuk karbohidrat dari makanan pokok (nasi putih, nasi merah, jagung, roti tawar, atau roti gandum). 1/4 piring untuk protein nabati dan hewani serta l
emak yang terkandung di dalamnya dan 1/2 piring untuk sayuran atau buah-buahan yang kaya dengan vitamin, mineral dan serat.Porsi ini bisa diterapkan pada anak usia 1 tahun. Biasakan pula membaca label dalam kemasan pangan sehingga Anda mengetahui kandungan lemak, gula, serta zat lain di dalamnya.

Tips Healthy Portion

  • Konsumsi makanan yang beragam dan seimbang
  • Biasakan sarapan setiap hari
  • Minum delapan gelas air putih setiap hari
  • Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  • Batasi konsusmsi gula, garam, lemak, atau minyak
  • Istrahat cukup
  • Kelola stres dengan baik
  • Pertahankan berat badan normal
  • Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sebanyak tiga hingga lima kali seminggu