Tanaman Blustru

Blustru-1

 

Nama Daerah

Ketola, timput (Palembang); lapang oyong ((Sunda); blestru (Jawa); dodahala (Halmahera)

Morfologi Tanaman

Panjang batangnya dapat mencapai 10-20 m, memanjat dengan sulur-sulur (alat pembelit) yang keluar dari ketiak daun. Daun tunggal, panjang tangkai daun 4-9 cm, dan letak berseling. Helaian daun bulat telur melebar, berlekuk menjadi 5-7 buah, pangkal daun berbentuk jantung, tulang daun menonjol di bawah, warna permukaan atas daun hijau tua, warna permukaan bawah daun hijau muda, panjang 6-25 cm,serta lebar 7,5-27 cm. Bunga berkelamin tunggal, terdapat dalam satu pohon. Mahkota bunga berwarna kuning. Buah tergantung atau tergeletak di atas tanah, bentuknya silindris atau bulat memanjang, panjang 10-50 cm dengan garis tengah 5-10 cm, jika sudah tua berwarna cokelat. Bijinya gepeng dengan tepi berbentuk sayap, licin, berwarna hitam.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang bermanfaat adalah biji, buah, daun, akar, dan batang. Buah mengandung saponin triterpen, luffein (zat pahit), citruline dan cucurbitacin.Biji mengandung minyak lemak, squalene, spinasterol, cucurbitacin B dan protein. Bunga mengandung glutamin, asam aspartat, arginin, lisin dan alanin. Daun dan batang mengandung saponin dan tanin.

Pemanfaatan

Buah digunakan untuk mengatasi: 1) demam, rasa haus, 2) batuk sesak, 3) keputihan, 4) haid tidak teratur, 5) susah buang air besar, 6) perdarahan, seperti air seni berdarah, mimisan, dan 7) bisul.
Biji digunakan untuk mengatasi: 1) muka, tangan dan kaki bengkak (edema), 2) batu saluran kencing, 3) cacingan, 4) sakit pinggang dan, 5) wasir.
Daun digunakan untuk mengatasi: 2) tidak datang haid (amenore), 1) sesak napas, 3) radang testis (orkitis), 4) luka bakar, 5) bisul, kurap, dan 6) digigit ular.
Kulit buah digunakan untuk mengatasi: 1) bisul, abses daerah rektum (ujung usus besar) dan 2) luka.
Bunga digunakan untuk mengatasi: 1) batuk disertai sesak, sakit tenggorokan, 2) sinusitis, 3) wasir, dan 4) bisul.

Cara Penggunaan

Haid tidak teratur
Untuk kaum wanita yang haidnya kurang lancar salah satu caranya dengan menggunakan blustru ini. Caranya cuci buah blustru sebesar 4 jari sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1/2 cangkir air masak dan seujung sendok teh garam halus sambil diremas. Setelah tercampur rata, ramuan tadi diperas dan disaring. Air yang terkumpul diminum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.
Pelancar ASI
Untuk ibu menyusui yang ASI-nya kurang lancar tidak salah mencoba cara ini. Masak buah blustru dan daun katuk menjadi sayur bening dan dapat dikonsumsi bersama nasi.
Sakit pinggang
Gongseng biji blustru secukupnya sampai hangus, lalu giling sampai halus dan masukkan ke dalam toples. Jika akan digunakan, ambil sebanyak 10 gr, lalu masukkan ke dalam 1 seloki arak. Aduk merata, lalu endapkan.Airnya diminum sekaligus, sedangkan ampasnya dibubuhkan ke bagian pinggang yang sakit. Cuci akar blustru secukupnya, lalu bakar dengan dialasi genting, setelah kering, giling akar sampai menjadi serbuk dan masukkan ke dalam toples. Setiap kali pemakaian, ambil 10 gr serbuk, lalu masukkan ke dalam 1/2 seloki arak hangat dan minum sekaligus.
Bisul yang tidak mau pecah
Cuci akar blustru dari tanaman yang sudah tua sampai bersih, lalu dipotong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Selagi hangat, airnya dapat diguna¬kan untuk mengompres bisul. Catatan: Ibu hamil dan seseorang dengan fungsi limpa yang lemah dilarang meminum rebusan herba ini. Jika daging buahnya dimasak sebagai sayuran dapat menghalau panas dalam.
Sesak napas
Untuk mengatasi sesak napas tanpa menggunakan obat yang beredardipasaran, bisa menggunakan tanaman blustru ini. Cuci S lembar daun blustru yang masih muda sampai bersih. Selanjutnya, asapkan sebentar dan makan bersama nasi sebagai lalap. Lakukan sehari 2 kali.
Batuk disertai sesak
Cara untuk mengobati batuk yang disertai sesak, CUC1-10.؛S gr bunga blustru sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin disaring, lalu tambahkan madu ke dalam air saringan secukupnya dan minum sekaligus, lakukan sehari 3 kali.
Migrain
Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang tidak asing bagi masyarakat. Penggunaan obat-obatan kimia biasanya menimbulkan efek mengantuk dan jantung berdebar. Dengan blustru hal itu bisa diatasi- Caranya cuci 150 gr akar blustru segar sampai bersih, lalu potong- potong seperlunya. Masukkan dua butir telur itik, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring ramuan tersebut dan air saringannya diminum, sedangkan telur rebus- nya dimakan.