Tanaman Bawang Daun

Tanaman Bawang Daun

Nama Daerah

Bawang bakung (Sunda); bawang oncang, bawang uncang, bawang cina, bawang inggris, bawang kap (Jawa); ganda bawang, dasun tangga (Suamatera); jasun pinge (Bali); bawang goros (Sulawesi)

Morfologi Tanaman

Herba semusim, tinggi 60-70 cm. Batang berupa batang semu, beralur, tidak bercabang. Daun tunggal berbentuk bulat dan panjang, pertualangan sejajar, berlubang seperti pipa, daging daun tipis, rata, berwarna hijau. Bunga majemuk dengan tangkai silindris, kelopak berbentuk corong. Buah kotak lonjong berdiameter hingga 5 mm. Biji berukuran kecil, berwarna putih dan pipih, setelah tua menjadi hitam.

Bagian Manfaat dan Kandungan

Bagian yang bermanfaat adalah daun. Daun bawang mengandung minyak esensial. unsur utama dari minyak tersebut adalah alicin, dalil sulfide, dan kalsium oksalat. Penyakit yang bisa diobati adalah kesehatan jantung, pilek, demam, flu, diabetes dan cacingan. Bermanfaat juga untuk kesehatan kulit, luka, menghambat jamur kulit, dan basil disentri.

Cara Penggunaan

  1. Untuk menurunkan kolesterol, antibakteri, antivirus, antijamur dan menurunkan tekanan darah tinggi. Potong atau memarkan daun hingga menghasilkan allicin, tambahkan ke dalam sup.
  2. Remas-remas daun hingga lembut, tempelkan pada bagian yang bisul, bengkak, dan akibat gigitan serangga atau lebah.

Info Lain

Daun bawang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung karena mengandung polisufida yang melindungi gejala penyakit jantung yang bisa terjadi.

Kontraindikasi

Belum ditemukan informasi mengenai pengaruh negatif dari pemakaian bawang daun dalam pengobatan.