Tanaman Bangle Hantu

kembang-bengle-bangle

Nama Daerah

Bunglai hantu (Sumatra); panglai hideung (Sunda)

Marfologi Tanaman

Herba berbatang semu, tinggi, tegak mencapai 2 m, tumbuh merumpun. Daun tunggal berbentuk lanset dan ujungnya meruncing. Bunga majemuk berbentuk bulir memanjang. Buah kotak berbiji bulat berwarna hitam. Rimpang berwarna ungu kotor dan berbau tajam.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang bermanfaat adalah rimpang dan daun. Kandunganya adalah terpenoids dan diarylheptanoid. Penyakit yang bisa diobati adalah gatal-gatal, sakit pinggang, batuk, demam dan encok.

Cara Penggunaan

  1. Untuk mengobati gatal-gatal. Remas daun dan gosok-gosokan pada bagian yang gatel.
  2. Untuk mengobati batuk. Rebus satu ruas rimpang ditambah segenggam daun saga dengan segelas air. Air rebusan diminum dua kali sehari.

Info Lain

Rimpang Z. ottensii menghasilkan 0/38% dari minyak yang berwarna pucat kekuningan berbau khas camphorous. Sebanyak 28 komponen di identifikasi, mewakili 84,9% dari total minyak. Minyak yang terkandung, yaitu berupa campuran mono dan sekuiterpen dengan zerumbon menjadi komponen yang paling belrimpah dari total yang ada.

Kontraindikasi

Belum ditemukan efek samping maupun literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi dari konsumsi tanaman bangle hantu.

Tetapi sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kewaspadaan.

  1. Bagi anak-anak: sebaiknya tidak mengonsumsi dengan dosis yang berlebihan sebelum herbalis dan dokter.
  2. Bagi ibu yang melahirkan dan menyusui: jangan mengonsumsinya