Tanaman Avokad

Tanaman Avokad

Nama Daerah

Alpuket (Sunda); alpokat (Jawa)

Marfologi Tanaman

Pohonnya memiliki tinggi mencapai 20 m. Daun memiliki bentuk oval sampai lonjong. Bunga tersusun dalam malai, berwarna putih kekuningan. Buah memiliki bentuk bola sampai bulat telur, berwarna hijau atau hijau kekuningan.

Bagian Manfaat dan Kandungannya

Bagian yang dimanfaatkan adalah daun, buah, dan biji. Kandungan yang dimiliki adalah tannin, vitamin, A, B dan C, polifenol, sitosterol, mangan, lemak, kalium, magnisiun, dan karbohidrat.

Cara Penggunaan

  1. Rebus daun 3-5 lembar dan 5 gram gula batu dengan segelas air hingga mendidih, air rebusan diminum sehari sekali.
  2. Untuk gigi berlubang yang sakit, potong biji kecil-kecil masukkan kedalam gigi yang berlobang.
  3. Untuk mengatasi sariawan, aduk avokad matang dengan dua sendok madu dan makan tiga kali sehari.
  4. Untuk menghaluskan kulit, haluskan buah avokad dan balurkan secara merata selama 30 menit pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat.

Info Lain

Avokad mengandung folate, potassium, lemak tak jenuh, dan kaya akan serat. Dengan menggunakan avokad sebagai sumber lemak, penderita diabetes dapat menurunkan kadar kolesterol. Diet rendah lemak yang menyertakan avokad telah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Kontraindikasi

Meskipun belom ada informasi bahaya mengonsumsi alpukat, tetapi harus diingat bahwa avokad mengandung lemak yang bisa membuat berat badan bertambah.