Tanaman Adas

tanaman-adas

Nama Daerah

Hades (Sunda); adas, adas londa, adas landi (Jawa); adas (Bali); das pedas (Aceh), adeh, manih (Minangkabau); paapang, paampas (Manado); denggu-denggu (Gorontalo); adasa, rempasu (Makasar)

Morfologi Tanaman

Bagian dau tanaman adas mempunyai letak daun yang berseling dan majemuk, daunnya menyirip ganda dua dengan posisi sirip-sirip yang letaknya menyempit berbentuk jarum, mempunyai bentuk runcing pada ujung dan pangkalnya. Panjang daun kira-kira 30 cm sampai dengan 50 cm, lebar daun 5 cm sampai dengan 7 cm berwarna hijau muda. Tanaman adas mempunyai bunga yang berbentuk payung majemuk dengan diameter 5 cm sampai dengan 15 cm. Untaian bunga yang keluar dari ujung batang tersusun dalam bunga payung majemuk yang terdiri atas 6-40 tangkai bunga berwarna kuning. Buah berwarna hijau untuk yang muda dan coklat tua untuk buah yang sudah tua.

Manfaat dan Kandungannya

Yang di manfaatkan dari tanaman adas adalah dari buahnya. Kandungannya yaitu minyak asri, anetol, asam anisat, fenkon, pinen, anisaldehid, dan serposterin.

Manfaatnya

Penyakit yang bisa diobati adalah batuk, sariawan, dan sakit perut.

Cara Penggunaan

Dengan 1/2 cangkir air mendidih seduhlah serbuk buah adas 5 g. Setelah dingin, saring kemudian tambahkan satu sendok teh madu. Diminum dua kali sehari sebagai obat batuk.

Kontraindikasi

Belum ditemukan efek samping maupun literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi dari konsumsi akar dan daun tanaman akar wangi.

Tetapi sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kewaspadaan.

  1. Bagi anak-anak: sebaiknya tidak mengonsumsi dengan dosis yang berlebihan sebelum herbalis dan doktr.
  2. Bagi ibu yang melahirkan dan menyusui: jangan mengonsumsinya.

Info Lain

Bagian yang digunakan untuk obat adalah bagian buahnya yang sudah masak. Manfaat unik dari tanaman ini adalah sebagai bumbu masak yang dapat memperbaiki rasa masakan.

minyak_adas-300x300

Biji adas dapat disuling menjadi minyak adas. Digunakan sebagai bahan campuran untuk minyak telon, dapat digunakan untuk menghangati bayi dan anak-anak.