Cara Cepat Memasak Sayuran

Penelitian menunjukkan, tidak penting seberapa banyak sayuran yang kita konsumsi, tapi yang lebih utama seberapa banyak jumlah vitamin, fotokimia, dan mineral lainnya yang masuk ke dalam tubuh kita. Berikut beberapa cara sehat untuk memasak sayuran agar kandungan gizi di dlamnya tetap terjaga.

1. Tumis
Selain sederhana dan ccepat, menumis sayuran juga merupakan alternatif yang sehat untuk mengolah sayuran Anda. Namun, berhati-hati untuk tidak memasak sayuran terlalu lembek. Sayuran yang renyah lebih banyak mengandung nutrisi.

2. Dikukus
Ketimbang direbus, sayuran lebih baik dikukus, Proses ini dapat mempertahankan nutrisi dan rasa alami sayur tersebut. Sayuran kukus jauh lebih sehat dari pada yang direbus. Penguapan akan memberikan hasil yang sama seperti merebus. Untuk menambah rasa, Anda dapat menambahkan biji wijen, bawang putih, atau apa yang Anda suka. Semakin banyak pula kandungan nutrisinya. Untuk hasil terbaik, kukuslah sayuran sampai renyah dan lembut.

3.Dipanggang
Memanggang sayuran merupakan alternatif yang sehat. Panggang sayuran Anda yang telah diolesi minyak goreng agar tidak lengket. Memanggang sayuran jauh lebih sehat dan enak dari pada menumis atau menggoreng. Selain itu, cara ini terbukti mampu mempertahankan rasa, vitamin, dan mineral.

4. Batasi garam
Perlu diingat untuk membatasi penggunaan garam karena dapat membantu untuk membawa keluar rasa dan warna pada sayuran. Sebaliknya, Anda dapat menggunakan rempah-rempah lainnya, seperti bawang putih untuk menambah rasa pada sayuran Anda.