Bugar Dengan Infused Water

Minum air putih saja kadang membuat mual dan membosankan. Agar rasanya berbeda, cobalah tambahkan buah, sayuran, atau rempah, lalu dinginkan dalam lemari es menjadi infused water. Instilah infused water, spa water, atau dalam Bahasa Indonesianya disebut dengan air infus, tengah menjadi tren gaya hidup yang baru di luar negeri hingga merebak sampai Tanah Air. Infused water bisa diartikan sebagai air putih yang diberi tambahan potongan buah-buahan, sayuran, dan rempah sehingga memberikan cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. Minuman ini dibuat dengan cara memasukkan irisan buah-buahan atau herbal ke dalam air putih. Kemudian, didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air sudah berasa buah, dapat didiamkan dalam lemari es selama empat sampai 12 jam, lalu dikonsumsi.

Screenshot_10Dengan cara ini, air putih yang dikonsumsi menjadi lebih beraroma dan terasa segar. Infused water tidak akan terasa manis seperti jus atau sari buah, sebab pembuatannya tanpa gula atau zat aditif lainnya. Inilah yang menjadi keunggulan infused water yang berbeda dengan air minum biasa karena merupakan air putih beraroma secara alami. Infused water bisa juga digunakan untuk mereka yang tidak sempat mengonsumsi  buah atau kurang suka buah.
Infused water juga bisa menjadi alternatif untuk mendorong orang minum air putih lebih banyak. Karena mencampurkan air putih dengan buah-buahan, dipercaya sari-sari dari buah akan keluar dan memberikan efek segar karena infused water harus melalui proses pendiaman selama beberapa jam.
Tren mengonsumsi air dengan potongan buah sebenarnya baik untuk menambah selera dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Pada infused water ini, setelah buah dimasukkam, air putih ada aromanya sehingga membuat selera. Dari sisi gizi tidak ada perbedaan layaknya memakan buah dan meminum air putih, seperti gula atau sirop. Kandungan zat gizi utama dalam infused water, di antaranya vitamin, mineral, dan serat. Jadi, manfaat yang didapat dari infused water dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membuat tubuh menjadi lebih bugar dan segar, menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah dehidrasi, membantu proses detoksifikasi, serta membantu mengendalikan berat badan. air yang dicampur buah seperti lemon juga memainkan peran penting dalam membersihkan sistem dalam tubuh. Air lemon mengandung asam sirat, yang dapat membersihkan batu kalsium dan mencegah penumpukan kalsium yang mengendap di pembuluh asteri. Pengendapan ini dapat menjadi pemicu penyakit kardiovaskular. Air lemon juga dapat memberikan tubuh Anda kecukupan hidrasi, bermanfaat sebagai antioksidan dan elektrolit.

Buah Yang Cocok Untuk Infused Water
– Kiwi
Buah kiwi juga efektif untuk membantu diet. Buah kiwi terbukti dapat mengurangi kadar trigliserida sehingga baik untuk kesehatan jantung, menangkal radikal bebas dalam tubuh, memiliki kalori rendah.

– Stroberi
Stroberi mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan mata dan kesehatan tubuh. Selain itu, stroberi juga ampuh mencegah keriputan, memperbaiki sel-sel yang rusak, serta menurunkan risiko penyakit alzheimer, parkinson, dan demensia.

– Lemon dan Jeruk Nipis
Lemon dan jeruk nipis memiliki rasa yang cenderung asam, namun manfaat dan khasiat mereka tidak diragukan lagi. Selain mengandung vitamin C, lemon dan jeruk nipis juga efektif menurunkan berat badan.

– Daun Mint
Daun mint dapat membuat air menjadi sedikit lebih manis dan terasa menyegarkan, sangat baik untuk pencernaan, meringankan asam dan depresi, serta membantu menenangkan pikiran.

Mentimun
Mentimun memiliki kandungan air dan silika yang tinggi sehingga dapat mengatasi dehidrasi  dan berfungsi sebagai anti inflamasi untuk tubuh.