Tips Liburan Sehat

  • ¬†Perhatikan Konsumsi Minuman dan Makanan
    Kebersihan adalah syarat utama untuk konsumsi selama berlibur. Dengan menyantap makanan yang bersih dan bergizi, tubuh akan sehat, terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit yang disebabkan makanan kotor seperti diare dan cacingan.
  • Perhatikan Diet
    Diet bukan berarti Anda makan sedikit selama berlibur, tetapi selalu jaga porsi asupan makanan seperti biasa. Godaan bersantap besar, tanpa memperhatikan komposisi gizi dan porsi, bisa membuat pencernaan berantakan, akibatnya keseimbangan kesehatan tidak terjaga.
  • Perbanyak Air Putih
    Perjalanan yang lama terkadang bisa menyebabkan pusing. Minumlah air putih yang cukup setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol selama berlibur, akibatnya keseimbangan kesehatan tidak terjaga.

  • Selektif Memilih Menu
    Jika terpaksa makan di restoran cepat saji, pilih menu sehat seperti salad dengan dressing atau saus yang rendah lemak atau daging panggang bukan yang digoreng. Aturan yang sama juga berlaku ketika memesan makanan lewat room service.
  • Cuci Tangan Sebelum Makan
    Jangan lupa cuci tangan sebelum makan. Jika tidak memungkinkan, sediakan selalu cairan antiseptik untuk membersihkan tangan.
  • Tetap Hidup Sehat
    Meski sedang berlibur, atur sedemikian rupa agar cara liburan tidak mengganggu gaya hidup sehat Anda, seperti latihan rutin pada pagi hari, teritama latihan peregangan agar otot tidak kaku, sarapan sehat sebelum melakukan wisata, tidur yang cukup, dan makan makanan bergizi yang memberikan energi dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar kita tidak mudah terserang penyakit.
  • Tidur Cukup
    Memanfaatkan waktu kosong untuk tidur sebisa mungkin. Tidur kapan pun jika merasa kantuk. Hal ini akan memberikan waktu tubuh beristirahat meskipun hanya 15 menit. Tidur juga membantu menyimpan energi untuk tetap sehat dan fit selama di perjalanan.