Tiga Aspek Optimalkan Tahap Tumbuh Kembang

Screenshot_237Pertumbuhan yang baik tidaklah bersifat fisik, tetapi juga mental dan intelektual. Dengan demikian, proses pertumbuhan tersebut lazim disebut bukan saja sebagai proses pertumbuhan, tetapi sebagai proses tumbuh kembang. Agar proses tumbuh kembang dapat berjalan dengan optimal, seorang anak harus mendapatkan pemenuhan dari tiga kebutuhan pokoknya.
Yang pertama, kebutuhan fisik dan biologis berupa kebutuhan akan nutrisi (ASI, makanan pengganti ASI/MP-ASI, imunisasi, serta kebersihan fisik dan lingkungan). Ketiga kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pokok yang saling terkait. Asupan gizi yang baik, terutama dala lima tahun pertama dalam kehidupan balita adalah periode pertumbuhan yang penting dan akan memengaruhi serta menentukan perkembangan anak selanjutnya. Kunci asupan zat gizi yang baik, yaitu makanan anak setiap hari dapat memenuhi kebutuhan perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan fisik yang optimal, maka komposisi makanan harus terdiri atas karbohidrat, lemak, dan protein. Komposisi makanan tersebut akan disempurnakan dengan kehadiran susu sebagai sumber zat tenaga yang juga mengandung berbagai komponen penting, seperti DHA, AA, sialic acid, sphingomyelin, protein, vitamin, dan mineral.

Kedua, Kebutuhan emosi berupa kasih sayang, rasa aman, dan nyaman, dihargai, diperhatikan, serta didengar keinginan dan pendapatnya. Hal inilah yang diharapkan akan diperoleh anak ketika orang tua merayakan momen tumbuh kembang. Kebutuhan ini memiliki peran yang sangat besar pada kemandirian dan kecerdasan emosi anak.
Ketiga, yang tak kalah penting adalah kebutuhan akan stimulasi yang mencukup aktivitas bermain untuk merangsang semua indra, mengasah motorik halus dan kasar, melatih keterampilan berkomunilasi, kemandirian, berpikir, dan berkereasi. Stimulasi ini harus diberikan sejak dini karena memiliki pengaruh yang besar pada ragam kecerdasan atau multiple intelligences.