Sembuhkan Penyakit Ini Dengan Sel Punca

Screenshot_174

DIABETES
Penelitian-penelitian yang sudah dilakukan untuk penyakit diabetes ini mengambil sumber stem cell dari kadaver, fetus, dan dari embryonic stem cell. Selanjutnya, masih dibutuhkan penelitian untuk menemukan cara membuat kondisi yang optimal dan produksi insulin sehingga dapat menggantikan injeksi insulin secara permanen.

STROKE
Beberapa penelitian dengan menggunakan stem cell dari darah tali pusat manusia yang diberikan intravena kepada tikus yang arteri serebi medianya dioklusi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Ada pengurangan volume lesi sebanyak 40% dan adanya kemampuan kembali ke 70% fungsi normal. Penelitian dengan menggunakan mesenchymal stem cell(MSC) dari sumsum tulang autolog yang diberikan intravena pada 30 penderita stroke juga menunjukkan hasil yang nyata.

SKIN REPLACEMENT
Dengan bertambahnya pengetahuan mengenai stem cell, maka penelitian telah dapat membuat epidermis dari keratinosit yang diperoleh dari folikel rambut yang dicabut. Hal ini memungkinkan transplantasi epidermis autolog sehingga menghindari masalah penolakan. Pemakaian skin replacement ini bermanfaat dalam terapi ulkus vena ataupun luka bakar.