Pentingnya Kesehatan Kaki Bagi Manusia

Screenshot_192Kehidupan yang menua berawal dari organ ginjal, organ ginjal yang menua berawal dari telapak kaki. Di bagian kaki terdapat 94 titik akupuntur. Semua saluran dan titik akupuntur ini terhubung dengan organ-organ vital tubuh serta semua anggota tulang. Dalam bagian kaki manusia terdapat 72 area refleksi, titik jari kaki mewakili refleksi bagian kepala, titik telapak kaki mewakili refleksi bagian dada, titik bagian tengah telapak kaki mewakili refleksi rongga perut, dan titik belakang kaki mewakili refleksi rongga tulang pinggul. Sirkulasi darah bekerja di jantung, tetapi jarak kaki jauh dari jantung dan masih harus menanggung beban berat tubuh serta tekanan dari gaya gravitasi bumi, sehingga saluran pembuluh darah di telapak kaki sering mengalami tekanan. Oleh karena itu, kaki adalah organ tubuh yang paling buruk bagi sirkulasi darah, suhunya lebih rendah, refleksi gizi paling buruk, dan paling sering menyebabkan berbagai penyakit pada kaki.

Penyakit pada kaki yaitu, kaki dingin, Mata ikan, beri-beri, bengkak-bengkak dan borok, pembuluh darah balik membengkak, anggota badan bawah (paha, betis, kaki, tungkai) membengkak. Setiap hari, tubuh manusia mengalami banyak pertukaran zat, seperti asam kemih, urea, karbondioksida. Untuk menghantar pertukaran zat tersebut ke ginjal, butuh sirkulasi darah, butuh sistematik kulit dan pernafasan. Tetapi, karena kaki adalah susunan organ tubuh paling bawah, kaki akan merasakan efek dari gaya gravitasi bumi, maka semua pertukaran zat tersebut mudah mengendap di telapak kaki, sehingga kaki akan menjadi tempat penampungan sampah (penyakit) yang dihasilkan tubuh manusia. Hal ini dapat menjebabkan sel kulit telapak kaki mudah mati, dan penuaan pada tubuh manusia akan berawal dari sni.
Jika bisa memperbaiki sirkulasi darah pada kaki dan merangsang ujung saraf, maka semua hasil pertukaran zat tersebut akan dialihkan, sel kelenjar keringat yang aktivasinya akan mengeluarkan zat tersebut melalui keringat ataupun zat tersebut akan dihantar oleh darah menuju sistem pembuangan dan akan dikeluar melalui proses pembuangan. Proses ini bermanfaat membersihkan darah dan membersihkan lingkungan sel tubuh. Luas telapak kaki manusia mencapai 3,5-4,5% dari keseluruhan  luas tubuh manusia, di telapak kaki tidak terdapat bulu roma, jadi fungsi untuk menghangatkan suhu tubuh sangat buruk, begitu kedinginan, otak besar akan merasakan rangsangan dari suhu dingin. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kacau dan menurun.  Titik akupuntur pada telapak kaki mencapai 1/10 bagian dari titik akupuntur di tubuh atas manusia.
Kaki jauh dari jantung, merupakan cabang saluran peredaran darah yang paling ujung. Suhu pada kulit telapak kaki paling buruk, dan sangat mudah menjadi dingin. Setelah menjadi dingin, mungkin akan berpengaruh pada fungsi kembang jatung, menyebabkan pembuluh nadi pada anggota badan kejang, serta timbul penyakit lainnya, seperti pada anggota badan yang bersifat erythema (penyakit kemerahan pada kulit), encok pada persendian. Jika hal ini terjadi pada wanita, akan menyebabkan sirkulasi darah pada rahim dan rongga tulang pinggul menjadi kacau, sehingga menimbulkan gangguan seperti rahim dingin, menstruasi tidak lancar, kulit menjadi kering, wajah pucat, timbul flek pada wajah, timbul jerawat, dan gangguan lainnya. Jika kaki sehat, maka baru akan memiliki tubuh yang sehat dan kehidupan yang menyenangkan.