Omega 3&6 Untuk Tumbuh Optimal

Pada masa pertumbuhan, anak butuh nutrisi yang cukup. Salah satunya, omega 3 dan 6 penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak usia 6-12 tahun. Untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dibutuhkan sebuah zat gizi yang bisa disebut nutrient. Yang termasuk ke dalam nutrient adalah karbohidrat, lemak, mineral, protein, dan vitamin. Salah satu yang terpenting untuk dicukupi oleh tubuh adalah lemak. Lemak terdiri atas berbagai jenis, asam lemak jenuh, asam lemak trans, asam lemak tidak jenuh tunggal, dan asam lemak tidak jenuh ganda. Seperti yang kita ketahui, lemak terbagi dua, ada lemak jahat dan lemak baik. Disebut lemak jahat karena bisa menimbulkan kolestrol.
Screenshot_182Omega 3 dan 6 termasuk asam lemak yang baik karena berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, asupan asam lemak esensi atau omega 3 dan 6 sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Lemak jenis ini sangat bagus untuk pertumbuhan sel membar menjadi fleksibel yang sangat penting juga bagi pertumbuhan dan perkembangan sel sehingga nutrisi dapat diserap secara optimal. Lemak ini juga membantu pembentukan hormon yang dibutuhkan disitem saraf tubuh. Selain itu, asam lemak esensial juga penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung yang terbentuk di usia dini.
Kenapa bisa disebut asam lemak esensial, karena tubuh kita tidak dapat membuat sendiri asam lemak tersebut, perlu diperoleh dari berbagai makanan. Omega 3 dapat ditemukan, di antaranya dalam ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan, edamame, minyak biji flax, dan kacang walnut. Sementara omega 6 dapat ditemukan dalam kacang kedelai, minyak nabati seperti minyak bunga matahari, jagung, kacang tanah, telur ayam, atau daging merah. Konsumsi omega 3 sebesar 0,9 gram dan omega 6 sebesar 10 gram bagi anak usia 7-9 tahun. Sementara anak usia 10-12 tahun dianjurkan untuk mendapatkan omega 3 sebanyak 1,2 gram dan omega 6 sebesar 12 gram per hari, serta 1 gram omega 3 dan 10 gram omega 6.Masa pubertas laki-laki dan wanita berbeda, jadi kebutuhan dan angkanya juga pasti berbeda. Perempuan puber pertama pada umur 10, sedangkan laki-laki pada usia 12. Dengan memasuki asam lemak esensial ke dalam tubuh, jangan takut jika nantinya anak mengalami masalah obesitas. dengan bisa mengimbangi  kalori yang masuk dan keluar di dalam tubuh serta si anak melakukan gerakan yang aktif, seperti olahraga, si anak tidak akan menderita obesitas. Atur makanan, kalorinya dikurangi. Nutrien harus tetap diberikan agar kualitas makanan tetap terjaga. Makan juga harus bervariasi, makin bervariasi makin tercukupi juga omega 3 dan 6nya . Jika seorang anak kekurangan asupan omega 3 dan 6 bisa mengakibatkan pertumbuhan otak terganggu dan berpengaruh bagi kecerdasan anak. Selama ini belum ada hal negatif jika mengonsumsi omega 3 dan 6 secara berlebihan karena selama ini banyak negara kekurangan asupan omega 3 dan 6.

 

Contoh Menu Gizi Seimbang

Makan Pagi РPikul  07.00

– Roti Gandum 2 buahScreenshot_187
– Margarin 1 oles, tomat dan selada 1 buah
– Telur 1 butir
– Jus buah 1 gelas

 

Camilan Pagi-Pukul 10.00

Screenshot_183
– Kacang tanah rebus atau edamame rebus 1 cangkir

Makan Siang-Pukul 12.00

Screenshot_185
– Nasi 1 cup
– Ikan kembung atau ikan sarden
– Tumis kacang pancang 1 cup

Camilan Sore-Pukul 16.00
– Jus alpukat 1 gelas atau buah potong 1 cup

Screenshot_184

Makan Malam-Pukul 19.00
– Nasi 1 cup
– Ikan kembung (panggang saus atau kecap)
– atau ikan sarden
– Tumis kacang panjang
Dan sebelum tidur, Susu 1 gelas
Screenshot_186