Membiasakan Anak Makan Sayuran

 

Screenshot_162Membiasakan anak makan sayur memang tidak lah mudah. Pasalnya, sayur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama anak-anak yang tengah memasuki usia tumbuh kembang. Beragam vitamin, mineral, dan seratnya merupakan nutrisi yang akan mendukung tumbuh kembang optimalnya. Meski begitu, ke-banyakan ibu justru mengeluhkan si kecil enggan dan sama sekali tidak mau makan menu dari sayuran. Nah, bagaimana cara membiasakan anak makan sayur?

SAJIKAN SAYURAN DALAM BENTUK KREATIF
AndScreenshot_163a bisa berkereasi dengan menu makan keluarga Anda. Usahakan untuk mengalihkan rasa tidak suka anak terhadap sayur dengan membuat bentuk yang menarik pada penyajiannya. Misalnya dengan membuat bentuk-bentuk yang menarik, seperti bunga atau sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat membuat menu makanan yang secara sekilas tampak bukan sayur. Misalnya dengan membalut sayuran dengan gilingan daging yang umumnya lebih disukai anak.

BUAT SAYUR DALAM BENTUK LAIN

Screenshot_164Jika anak langsung menolak ketika melihat sayuran, Anda dapat menyajikan
sayuran dalam bentuk lain. Misalnya dengan membuat jus atau bubur. Dengan demikian, anak-anak tentu tidak akan menyadari bahwa yang Anda berikan sebenarnya adalah sayuran. Dengan demikian, Anda tetap dapat memberikan nutrisi yang ada dalam sayuran tersebut.