Kanker Paru-Paru

Screenshot_243Kanker Paru, Pembunuh di Negeri Maju
Di Negara maju, kanker paru-paru telah menempati posisi teratas sebagai kanker paling membunuh. Sebelumnya, posisi ini ditempati oleh kanker payudara. Akibat ini terjadi tak lain karena perubahan kebiasaan merokok pada wanita di seluruh dunia. Banya wanita mulai merokok sejak 4 dekakade lalu serta konsekuensi yang mengerikan ini baru saja muncul di negara-negara maju. Kanker paru-paru menjadi penyebab kematian kaum pria di negara maju, beberapa dekade lalu dan menjadi penyebab kematian bagi kaum wanita baru terjadi beberapa tahun terakhir ini.

Kanker ini memang banyak disebabkan oleh kebiasaan merokok, Korban penderita kanker paru-paru adalah mereka yang mempunyai kebiasaan merokok. Ini dimulai ketika wanita tersebut benar-benar mulai rutin merokok. Kanker payudara lebih mudah terdeteksi sehingga penangananya dapat dilakukan sedini mungkin. Jumlah wanita yang memiliki kebiasaan merokok terus berkurang sehingga jumlah penderita kanker paru-paru di negara-negara maju turut berkurang. Dinegara berkembang, kematian pada penderita kanker paru-paru terus meningkat seiring semakin banyaknya tak hanya pria, wanita juga yang masih melakukan kebiasaan merokok.
Kanker paru-paru sudah menjadi penyebab kematian bagi kaum pria di negara-negara berkembang, pada waktu yang sama kanker payudara masih menjadi penyebab kematian bagi kaum wanita di beberapa negara berkembang. Kini banyak orang yang berada di garis kemiskinan mulai mengikuti gaya hidup orang barat, seperti bebas merokok. Dengan demikian, tingkat penderita kanker kian meningkat, khususnya penderita kanker paru-paru pada pria. Negara berkembang sudah sangat terbebani dengan kanker yang berhubungan dengan adanya infeksi, seperti kanker hati, perut, dan serviks. Selama orang-orang di negara berkembang terus mengikuti gaya hidup Barat. Bukan tidak mungkin kanker akan menjadi hal biasa di sana.
Kanker payudara, paru-paru, atau bahkan kanker usus akan terus meningkat. Di negara maju, kanker prostat dan kanker payudara adalah kanker yang paling banyak didiagnosis. Namun, kanker paru-paru menjadi penyebab kematian paling besar bagi pria dan wanita. Dinegara berkembang maupun negara maju, kanker usus juga turut menjadi penyebab kematian yang paling sering terjadi. Kanker telah menjadi beban yang paling besar, baik di negara maju maupun negara berkembang. Penderita kanker akan terus meningkat seiring menigkatnya populasi kanker adanya peningkatan faktor-faktor berisiko, seperti kebiasaan merokok, kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, dan perubahan pola reproduksi.