ASI Nutrisi Terbaik Bagi Anak

Apa pun yang ditawarkan oleh susu formula, ASI tetap merupakan yang terbaik. ASI tak hanya bermanfaat bagi sang bayi, juga memberikan manfaat bagi sang ibu. Tak banyak Screenshot_173orang tua yang betul-betul paham mengenal hak setiap bayi untuk mendapatkan ASI sejak masa kelahirannya. Pemberian ASI eksklusif secara keseluruhan pada usia 0-1 bulan hanya 45,4%, usia 2-3 bulan 38,3%, dan menurun pada usia 4-5 bulan yang hanya 31%. Anga ini terus menurun seiring bertambahnya kesibukan ibu dalam pekerjaannya. Kekurangan ASI tentu berdampak pada porporsi balita pada usia 0-59 bulan.


Proporis balita normal hanya mencapai 45% dari total kelahiran bayi, keluhan soal ibu yang hanya bisa memproduksi ASI sedikit itu seharusnya tidak pernah terjadi. Karena pada dasarnya, semakin sering bayi mengonsumsi ASI, semakin banyak produksi ASI dari si ibu. Isapan mulut bayi dapat merangsang produksi ASI. oleh sebab itu ibu memutuskan untuk kembali bekerja, produksi ASInya berkurang drastis akibat kurangnya rangsangan isapan dari sang bayi. Pemberian ASI tentu saja tak hanya bermanfaat bagi sang bayi, juga memberikan manfaat bagi sang ibu.
Menyusui bayi segera setelah lahir dapat mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mecegah terjadinya perdarahan. Ini dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula. Selain itu, juga salah satu cara mengurangi berat badan dan terhindar dari kanker payudara. Pemberian ASI ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu upaya program keluarga berencana (KB) secara alami.Jika ibu memberikan ASI secara optimal kepada bayi mereka, secara alami hormon yang mencegah kehamilan akan tumbuh. Apa pun yang ditawarkan susu formula terhadap bayi Anda, ASI tetap yang terbaik.