Periksa Kehamilan Dengan Matang

Hamil bukan sekadar proses mengandung selama 9 bulan, namun juga proses awal dari perkembangan seorang manusia. Untuk perkembangan seorang manusia. Untuk itu, diperlukan persiapan khusus untuk kehamilan. Poin-poin persiapan tersebut mencakup bebarapa hal, yakni nutrisi, higiene, vaksinasi, dan finansial. Persiapan kehamilan perlu dilakukan wanita 3 hingga 6 bulan sebelum ke hamilan agar janin menjadi bibit baik dan sempurna. Tentunya janin akan tercipta akibat pertumbuhan sel telur dan sperma.
Seks yang baik untuk pasangan untuk memiliki anak dapat dilakukan secara teratur dan menentukan 14 hari masa ovulasi sebelum menstruasi berikutnya. Cairan vagina perlu diperhatikan untuk menentukan kesuburan wanita. Dalam hal nutrisi sebagai bekal pertumbuhan organ tubuh janin, asam folat menjadi zat utama. Kebutuhan perhari untuk asam folat adalah 400 mikrogram. Jenis makanan yang mengandung zat gizi ini, yaitu kacang-kacangan, sayuran hijau, serta jeruk. Dengan asam folat, sel indung telur akan terbentuk sempurna dan menghindari kelainan otak dan tulang belakang janin.


Selain itu, perlu diperhatikan pula asupan gizi untuk kualitas sperma yang baik. Untuk itu, sarankan pasangan mengkonsumsi makanan bervitamin A, D, dan E seperti yang terdapat dalam telur, ikan, produk susu, bekatul, dan sayuran aneka warna. Melengkapi nutrisi yang seimbang dan sehat, calon ibu juga perlu aktivitas fisik secara rutin untuk menjaga berat badan ideal yang nantinya berefek pada ibu dan janin.Perikasakan kesuburan dan kemungkinan adanya virus di dalam tubuh calon ibu dan pasangan. Hal ini untuk mencegah diturunkannya penyakit kepada anak, juga untuk mengatasi masalah bila ditemukan risiko keguguran atau kekurangan zat gizi tertentu. Tak lupa pasangan harus memeriksakan golongan darah dan rhesus agar janin nantinya tidak dalam kondisi berbahaya. Proses selama kehamilan akan membutuhkan biaya tidak sedikit.
Pasangan harus mendiskusikan keseluruhan pengeluaran mencakup biaya kesehatan (biaya konsultasi, pemeriksaan, obat, dan melahirkan), biaya-biaya pasca melahirkan seperti (tempat tidur bayi, pakaian bayi, popok, selimut, dan segala kebutuhan lain bayi) dan persiapkan pula bayi untuk hal-hal yang tak terduga. Menjadi orang tua bukan hal uang disa dipelajari dalam pendidikan formal, melainkan proses seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu pasangan mesti menyiapkan pula kematangan metal agar tidak kaget menjalani kehidupan bersama buah hati.
Selain kehamilan akan terjadi proses perubahan, termasuk di dalamnya faktor psikologis bagi ayah dan ibu. Kondisikan keadaan tersebut dengan pasangan, bisa pula dengan memberi dukungan positif dan saling mengingatkan untuk selalu berfikir positif serta membuang jauh hal negatif. Janin dalam kandungan nantinya akan tumbuh menjadi pribasi sesuai dengan didikan yang diterimanya. Peran orang tua sejak dini akan mengindikas kebaikan pada karakter pula kelak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *