Minuman Bersodah

Bahayakah, Minuman Bersodah ?
Minuman berkarbonasi atau soda disebut-sebut sebagai penyebab gangguan kesehatan, di antaranya kerusakan gigi, kanker kerongkongan atau masalah pada saluran pencernaan. Karbonasi merupakan proses dari karbondioksida (CO2) yang dimasukkan ke dalam cairan dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan gelembung dalam minuman dengan cita rasa menggigit atau krenyesi. Menariknya, saat tertelan, ternyata sebagian besar karbonasi dalam minuman bersoda sebenarnya tidak sampai di lambung karena sebagian besar gas telah menguap ketika kemasan dibuka.Jadi, tidak ada dampaknya sama sekali dengan kesehatan tubuh. Apabila kemasan sudah dibuka, dan gas karbondioksida sudah menguap, maka sama saja dengan air biasa plus tambahkan gula. Karbonasi sebenarnya hanya sebatas hiburan, gelembung yang tersisa dalam minuman akan segera diserap melalui dinding saluran pencernaan. Bahan pengarbonasi yang juga diizinkan penggunaannya pada peroduk pangan, yaitu untuk membentuk karbonasi pada produk makanan dan minuman.

Fakta Minuman Bersoda :

Screenshot_108

  • Tidak benar minum bersoda dapat melukai lambung. Sebagian besar karbonasi yang ditelan saat meneguk minuman bersoda tidak sampai ke lambung karena sebagian besar gas karbondioksida pada minuman bersoda akan terlepas keluar ketika botol minuman itu dibuka.
  • Tidak benar menyebabkan kerusakan gigi. Memang benar tiap minuman yang memiliki kadar asam dan manis, dari jus sampai minuman bersoda, berpotensi merusak gigi. Namun, itu jika tak didukung upaya menjaga kesehatannya. Jadi, kerusakan gigi bisa terjadi akibat berbagai faktor, tak sesederhana kebiasaan mengonsumsi sesuatu. Minuman bersoda jenis diet bahkan menggunakan pemanis sintentis yang tingkat kemanisan mencapai 2.000 kali dari pemanis biasa sehingga penggunaannya lebih sedikit, rendah kalori tanpa mengurangi rasa manis.
  • Tidak menyebabkan ketergantungan. Kandungan kafein pada satu kemasan minuman bersoda lebih rendah dibandingkan kopi dan teh sehingga sama sekali tak menimbulkan ketergantungan. Kadar kafein minuman bersoda per 100ml adalah 10gra, sedangkan teh 22,9 gram dan kopi 41,7gram.
  • Air yang terkarbonasi secara alami telah dinikmati selama ribuan tahun, sejak zaman Yunani dan Romawi.
  • ¬†Soda justru dapat mengobati sumbatan lambung. Menurut para ahli, minuman bersoda dapat digunakan untuk mengobati seseorang yang mengalami sumbatan lambung.
  • Minuman bersoda sama saja dengan jus buah. Kandungan gula minuman bersoda hampir sama dengan jus buah, yaitu di bawah 50 kkal. Demikian juga kadar keasamannya.