Bijak Konsumsi Suplemen

Mendapatkan gizi seimbang dari makanan saat ini rasanya sangat sulit. Dalam kondisi seperti inilah suplemen sangat diperlukan. Meski begitu, konsumsi suplemen juga harus bijak dan tak boleh berlebihan. Seperti dua sisi mata uang, era gelonalisasi dan teknologi modern membawa dampak positif dan negatif. Disatu  pihak, manusia dimudahkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat. Dilain pihak, masyarakat menjalani gaya hidup serbainstan dan praktis yang mengesampingkan unsur kesehatan yang efeknya bisa menurunkan daya tahan dan fungsi organ tubuh.
Disinilah pentingnya mengkonsumsi suplemen makanan, yakni untuk menunjang keseimbangan fungsi tubuh sehingga mendapatkan kesehatan fisik secara paripurna. Suplemen kesehatan akan berfungsi sebagai pengganti nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik untuk penambah tenaga dan stamina, maupun untuk pencegahan penyakit. Suplemen merupakan produk kesehatan yang mengandung satu atau lebih zat yang bersifat nutrisi atau obat. Bahan yang termasuk nutrisi, diantaranya vitamin, mineral, dan asam amino. Sementara yang berfungsi obat, biasanya diambil dari tanaman atau jaringan tubuh hewan yang memiliki khasiat menyembuhkan penyakit.

Screenshot_98
Pengunaan suplemen masih terbatas untuk mengembalikan fungsi metabolik, dimana seluruh proses tersebut dikendalikan oleh enzim sebagai katalis reaksi kimia tubuh yang membuat sel-sel bekerja secara optimal. Namun, adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin tidak sehat, meningkatkan kebutuhan pemakaian suplemen. Saat ini sangat sulit untuk mendapatkan gizi yang seimbang dari hanya makan dan minum setiap hari. Mengkonsusmsi suplemen rutin menjadi pilihan terbaik mengisi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
Saat tubuh anda sudah merasakan adanya ketidak beresan seperti lesu, letih dan sebagainya. Hal itu merupakan pertanda tubuh Anda memerlukan suplemen. Selain menunjang keseimbangan fungsi tubuh, suplemen juga dapat menjadi antioksidan untuk menetralkan radikal bebas  yang didapat dari lingkungan yang tidak sehat. Kondisi yang tidak sehat juga membuat sel-sel kulit lebih cepat beregenerasi sehingga terjadi penuan dini. “Banyak wanita yang berusia 30 tahun tetapi terlihat seperti usia 50 tahun”. Konsumsi suplemen secara rutin dapat berfungsi sebagai pencegahan dari kulit keriput dan tua lebih cepat. Namun, mengkonsumsi suplemen mesti dengan dosis tepat, jangan berlebihan.


Suplemen vitamin C misalnya, dalam keadaan normal, cukup diberikan 30-60 mg per hari. Namun, jika dosisnys dinaikan di atas 100mg perhari, kegunaannya dapat bertambah yaitu dapat mengatasi infeksi ringan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Kini berbagai suplemen gampang dijumpai di pasaran. Salah satunya adalah K-LINIK. K-LINIK terus optimistis untuk selalu bertumbuh ke arah yang positif, serta yakin bahwa jumlah omzet dan produk K-LINIK Indonesia juga akan meningkat pesat. Rasa optimistis ini, salah satunya karena produk yang diperdagangkan oleh K-LINIK adalah aman, halal, sesuai syariah, dan tidak seperti bisnis konvesional lainnya.

Tip Memilih Suplemen.
1.  Pastikan keamanannya. Perhatikan daftar produk suplemen yang aman, yang dikeluarkan oleh BPOM. Cari tahu juga perusahaan farmasi yang mengeluarkannya, apakah cukup kredibel? Pilih produsen yang sudah berpengalaman dalam foodsuplement dan mengembangkan riset dan disertifikasi oleh otoritas setempat.

2. Dosis tepat. Bila Anda baru pertama kali memulai mengonsumsi suplemen kesehatan yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya, cobalah untuk mengonsumsi suplemen dengan dosis yang lebih rendah untuk membiarkan tubuh beradaptasi terlebih dahulu dengan suplemen yang dikonsumsikan.

3. Hindari Suplemen dosis tinggi. Banyak sekali suplemen yang menawarkan vitamin dengan dosis tinggi. Padahal, hal tersebut tidak selalu efektif untuk tubuh. Misalnya pada dosis vitamin C untuk orang dewasa yang dianjurkan sebesar 65-90mg per hari dengan batas maksimal adalah 2.000mg. Dengan mengonsumsi vitamin C yang meliebihi dosis justru dapat merusak lambung, pencernaan, dan ginjal.

4. Cek kandungan nutrisi. Pastikan Anda memeriksa label kemasan sebelum membeli suplemen. Hal yang penting diketahui, adalah kandungan nutrisi pada suplemen tersebut, apakah mengandung nutrisi yang benar-benar Anda perlukan saat ini.

5. Aturan pakai. Untuk memilih suplemen yang sesuai standar kesehatan, Anda wajib mempelajari suplemen yang Anda pilih misalnya dengan membaca keterangan produk pada kemasan atau label, bukan panduan produk seperti leaflet dan sejenisnya. Pelajari manfaat produk, komposisi bahan, dosis, indikasi, cara penyimpanan, dan petunjuk-petunjuk lain.