Bedah Plastik Makin Mumpuni

Berkat sumber daya yang berkomitme tinggi, pelatihan rutin, dan kecanggihan teknologi, kompetensi dokter bedah plastik di Indonesia sudah semakin mumpuni. Keahliannya sudah bisa di sejajarkan dengan para dokter internasional. Tim dokter bedah plastik di Tanah Air telah memiliki kredibilitas dan kopetensi  yang mempunyai, bahkan bisa dibilang tidak kalah dengan dunia luar. Untuk terus mempertahankan presentasi ini , PERAPI sebagai lembaga resmi yang menaungi profesi bedah plastik di Indonesia, selalu berupaya  meningkatkan kopetensi dokter bedah plastik. Proses peningkatan kompetensi yang berkelanjutan ini menyejajarkan kualitas tenaga ahli bedah plastik di Tanah Air dengan dunia Internasional.
Bedah plastik terbagi dalam dua bagian besar, yaitu bedah rekonstruksi dan bedah estetik. Bedah rekonstruksi adalah tindakan bedah yang ditujukan untuk memperbaiki dari suatu keadaan yang tidak normal atau mendekati normal. Cacat yang diperbaiki dapat berupa kelainan sejak lahir, cacat akibat kecelakaan atau trauma atau cacat yang ditimbulkan setela tindakan operasi. Tindakan rekonstruksi ditujukan untuk memperbaiki penampilan agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan pasien. Misal bibir sumbing, daun telinga tidak ada atau kecil, jari tangan dempet, kemaluan bengkok, luka bakar, cacat bekas tumor, cacat bekas tato, keloid, dan lainnya. Sementara bedah estetik, yaitu tindakan untuk mengubah dari keadaan normal menjadi supernormal atau cantik (keadaan yang lebih baik dari semula).


Tindakan ini untuk individu yang menginginkan keadaan lebih baik, lebih mudah, lebih cantik, atau lebih percaya diri. Misalnya mengencamkan kulit muka, membuat lipatan mata, menghilangkan kantong mata, memancungkan hidung, atau mengecilkan payudara, mengatasi kegemukan, menipiskan atau menebalkan bibir, membuat lipatan dagu, tanam rambut atau kebotakan, dan lainya. Memang tren berkembang sekarang lebih banyak bedah plastik estetik, seperti memancungkan hidung, membuat lipatan mata, membesarkan buah dada atau sedot lemak.
Kualitas, kompetensi, dan keamanan bedah plastik di Indonesia setara dengan luar negeri sehingga hampir semua kebutuhan bedah plastik, baik estetik maupun rekonstruksi, dapat dilakukan di Tanah Air tanpa perlu ke luar negeri.

 

7 Operasi Plastik Paling Populer :

1.  Sedot lemak, sedot lemak ini merupakan cara untuk menghilangkan lemak tubuh dengan cara menyedotnya. Lemak dikeluarkan melalui lubang kecil pada kulit dan dengan tenaga vakum lemak pun disedot.

2.  Operasi payudara, Operasi ini merupakan operasi plastik yang paling banyak diminati bisa dibilang terlaris dari operasi plastik lainnya, Operasi dilakukan dengan cara memasukkan implan ke dalam sayatan di bawah payudara dekat ketiak atau areola. Implan bisa berupa silikon gel atau dengan larutan garam.

3.  Bedah kelopak mata atas. Tindakan ini bertujuan membuang kelebihan kulit yang kendur, lemak yang berlebihan dan mengencangkan otot mata. Sesudah operasi, mata akan terlihat lebih  segar, cerah, dan lebar.

4.  Perbaikan hidung. Operasi ini biasa dilakukan oleh mereka yang tak puas dengan bentuk hidung yang memilikinya. Dengan operasi ini, bentuk hidung bisa dikoreksi sesuai keinginan.

5.  Payudara lifting. Operasi ini dilakukan untuk mengubah bentuk payudara, operasi dilakukan dengan satu atau lebih sayatan kecil pada payudara, lalu jaringan payudara diangkat dan dipindah ke lokasi baru.

6. Permak dagu, permak dagu lantas dilakukan untuk membuat tampilan wajah lebih proporsional. Operasi dilakukan dengan membuat sayatan kecil di leher di bawah dagu.

7.  Face lifting. Orang melakukan tindakan ini untuk menghilangkan lemak dan kelebihan kulit yang membuat bentuk wajah kabur dan membengkak Proses ini dilakukan dengan mengangkat eksisi kulit dan melekatkan pada lokasi yang baru. Pada saat yang bersamaan, keriput dan kelemahan dihapus.