Varises

Jangan Sepelekan VARISES

Varises selama ini masih diabaikan, padahal varises merupakan salah satu gangguan vaskuler yang berupa pelebaran pada pembuluh darah baik karena terjadi sumbatan di bagian atasnya. Sirkulasi darah adalah kunci bagi kelangsungan proses di dalam tubuh. Darah mengalir membawa oksigen, memasok bahan bakar agar organ tubuh dapat berfungsi optimal. Kelancaran sirkulasi darah menjadi sesuatu yang wajib dijaga, maka dari itu apabila terjadi gangguan pada pembuluh darah atau vaskuler seperti terjadinya penyumbatan atau penyempitan, jika dibiarkan akan berakibat fatal. Tidak hanya dijantung dan otak, pecahnya pembuluh darah juga dapat terjadi dibagian pembuluh darah yang lain.
Kelainan penyempitan pada pembuluh darah juga mencakup pembuluh dara mulai dari perut, ujung leher, sampai ujung kaki dan tangan. Gangguan ini bisa diakibatkan oleh penyakit diabetes, skelorasis (penebalan pembuluh nadi) atau karena timbunan plak, terutama bagi perokok. Kelainan juga bisa menyerang pembuluh darah balik, seperti penyakit varises. Penyakit varises adalah salah satu kelainan vaskuler yang masih diabaikan masyarakat, padahal penyakit ini tergolong mematikan.

Screenshot_318


Varises merupakan pelebaran pada pembuluh darah balik yang terjadi karena sumbatan di bagian atannya. Sumbatan tersebut, disebabkan oleh berbagai macam hal. Misalnya kelainan katup pembuluh darah yang menyebabkan aliran pembuluh darah menjadi tidak lancar, kalu tidak lancar mengakibatkan terjadinya pembengkakan. Pembuluh dara yang berkelok-kelok yang membuat pasien merasa berat dan kram. Misalnya terjadi pada wanita yang suka memakai high heels.
Jika dibiarkan varises akan berdampak serius pada kondisi kesehatan penderitanya yang paling ringan misalnya, akan timbul tukak atau semacam kudis berukuran besar. Apabila tidak ditangani dengan benar kondisi ini tidak bisa disembuhkan .
Kemudian terjadi juga perubahan pada warna kulit menjadi kehitaman. Jika kondisi ini tetap dibiarkan tanpa adanya pengobatan yang tepat dan benar, aliran darah akan menjadi rusak dan dapat terjadi pembekuan di pembuluh darah. Pembekuan dipembuluh darah berakibat pad bengkak yang terus bertambah ukurannya. Kalau pembekuan darah itu lepas dan masuk ke paru-paru akan berakibat fatal dan menyebabkan emboli paru, emboli paru merupakan penyumbatan antara arteri paru-paru oleh suatu embolus(bekuan darah) yang terjadi secara tiba-tiba, yang bisa mengakibatkan kematian secara mendadak .
Pengobatan varises terbaru kini bisa mengunakan laser yang dikenal dengan nama Endovenous Laser Treatment (EVLT) prosedurnya yaitu dengan memasukkan semacam kawat ke dalam pembuluh darah, dikawat tersebut akan dihantarkan sinar laser. Jadi pembuluh darah yang tadinya melebar ketika terkena sinar laser tersebut akan seperti terbakar dan mengecil, karena mengecil pembuluh dara yang tadinya melebar menjadi tertutup. Jika pembuluh darah utama penyebab varises ditutup maka sistem peredaran darahnya akan menjadi aliran yang normal.

Agar Sirkulasi Darah Lancar :

  1. Stop merokok
    Upaya untuk berhenti merokok selama-lamanya. Nikotin akan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat Gas CO yang dikandung dalam rokok juga akan mengikat butir darah merah (hemoglobi) lebih kuat dibandingkan oksigen sehingga oksigen jantung relatif berkurang.
  2. Konsumsi tanaman herbal
    Tanaman seperti mengkudu, hawthorn, ginko bilopa, dan bawang putih, bisa menghasilakan efek farmakologi yang berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah, dua siung bawang putih setiap hari misalnya, dapat menurunkan kadar kolestrol, membantu memperbaiki sirkulasi darah, dan sebagai antioksida yang dapat memelihara sistem daya tahan tubuh,
  3. Jaga berat badan ideal
    Orang yang kegemukan berisiko tinggi mengalami gangguan sirkulasi darah. Banyak kondisi medis telah dihubungkan dengan kegemukan, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke, serta beberapa jenis jenis kanker.
  4. Pola makan sehat
    Perbanyak sayuran dan buah. Hindari makanan berkolesterol tinggi karena merupakan kolestrol buruk yang bisa meimbukan plak pada pembuluh darah, kadar kolesterol yang terlalu tinggi harus diturunkan melalui diet rendah kolesterol (dengan menguirangi kuning telur, jeroan, udang, dan goren-gorengan), diet rendah garam, menurunkan berat badan bagi yang berlebihan, minum obat, dan kontrol ke dokter sesuai anjuran.
  5. Olahraga teratur
    Rajin berolahraga terbukti bisa membuat peredaran darah lancar. Selain itu, kulit akan tampak bercahaya karena pasokan oksigen memenuhi sel semua kulit .
  6. Kelola stres
    Stres  berkaitan erat dengan penyakit kardiovaskuler, gangguan tidur, serta sakit sistem otot. Penderita stres banyak mengalami ketidak teraturan denyut jantung, serupa dengan yang dialami pasien hipertensi  dan penyakit kardiovaskuler lainnya.