Nutrisi Seimbang Untuk Anak

Kembangkan Potensi Anak dengan Nutrisi Seimbang
Dalam mengembangScreenshot_315kan potensi anak sejak dini, orang tua memang harus
mengetahui potensi yang dimiliki si anak. Disamping itu, pemberian
nutrisi seimbang dan stimulus menjadi langkah awal dalam
mengembangkan potensinya. Memberikan nutrisi lengkap dan seimbang
pada masa awal kehidupan anak hingga dua tahun pertamanya telah
terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan dan
perkembangan otak, serta kesehatan jangka panjang. Nutrisi tidak hanya
dipercaya mampu memengaruhi sistem kekebalan tubuh, juga dipercaya untuk perkembangan otak dalam meningkatkan kemampuan kognitif atau kecerdasan otak.
Nutrisi seimbang juga mampu meningkatkan potensi anak sejak dini dan menciptakan perilaku anak, karena nutrisi mampu memberikan dampak untuk perubahan dari waktu ke waktu mulai struktur otak atau fungsinya dalam jangka panjang. Hal tersebut juga bergantung pada input sistem sensorik apa yang dilihat, didengar, dan dirasa yang didapat oleh si anak alias sisukung juga oleh faktor eksternal mereka. Tidak sekedar pemberian nutrisi yang cukup, para orang tua juga memiliki peran penting dalam memberikan stimulus yang merupakan bagian faktor eksternal tersebut, pemberian stimulus akan menghasilkan kecerdasan otak yang berbeda ketimbang anak yang tidak diberikan stimulus, hal itu terlihat dari cara kecepatan dalam mengenali sesuatu terutama masalah emosi sosial yang menjadi modal utama untuk berinteraksi dengan orang lain, bertoleransi, dan lain-lain. peranan stimulus adalah cara yang paling dominan dalam menjadikan anak aktif.

Screenshot_316
Stimulasi bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bicara sejak kecil, mengajarkannya lebih interaktif agar komunikatif dengan orang lain diperkenalkan dengan hal-hal baik dan lain-lain. Nantinya pemberian nutrisi dibantu dengan pemberian stimulus tersebut akhirnya mampu membentuk perilaku dan mengembangkan potensi anak yang dikeluarkan melalui verbal maupun nonverbal.
Dalam mengembangkan potensi anak para orang tua juga harus bisa mengenali potensi anak yang pada akhirnya potensi ini bisa semakin berkembang, para orang tua tidak disarankan mengatur atau melarang anak alias otoriter, tetapi mereka harus memberikan kebebasan kepada anak. Dalam mengembankan potensi anak, para orang tua memang harus mengetahui potensi yang dimiliki si anak, disamping itu pemberian nutrisi seimbang dan stimulus menjadi langkah awal dalam mengembangkan potensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *