Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Teknik Hypnobirthing merupakan teknik melahirkan dengan menggunakan cara hipnosis dalam proses persalinan Hypnobirthing, tujuannya memberi rileksasi pada ibu sehingga dapat melahirkan tanpa rasa sakit. Keputusan ini diambil setelah riset berbagai macam metode melahirkan. Ibu hamil rentan mengalami rasa sakit atau nyeri di sekujur tubuhnya, Agar persalinan nyeri tidak semakin menjadi, perlu rileksasi agar ibu siap menghadapi persalinan.
Dengan metode ini, seorang ibu hamil bisa mendapatkan rileksasi yang mendalam, baik secara fisik, napas, maupun pikiran. Dalam keadaan rileksasi yang dialami seorang ibu bisa mengaktifkan pikiran bawa sadar, dampaknya melalui pikiran bawa sadar yang aktif, ibu hamil dengan mudah mendapatkan suasana rileks, emosi stabil, nyaman, dan bahagia. Inilah kondisi terbaik dalam persiapannya menghadapi persalinan.
Ibu hamil yang melatih diri melalui metode hypnobirthing, bisa dengan mudah meminimalkan rasa sakit tanpa penggunaan obat-obatan. Dibandingkan dengan metode caesar yang menimbulkan bekas luka sayatan dan rasa sakit, hypnobirthing akan memberi efek terbaik, baik kepada sang ibu maupun bayinya. Ibu hamil bisa masuk dalam alam pikiran bawah sadar membuat seorang ibu bisa menjalin komunikasi efektif alias berbicara kepada si jabang bayi di rahim.
Mengoordinasikan fungsi mind, body, soul, (pikiran, tubuh, dan jiwa) secara harmonis sehingga didapatkan perasaan bahagia dalam proses persalinan maupun saat masa kehamilan dan setelah melahirkan. Program hypnobirthing akan lebih baik dimulai ketika kehamilan baru memasuki usia trimester pertama. Hal ini agar tahapan-tahapan rileksasi yang diterima ibu lebih banyak sekaligus untuk menghilangkan kegelisahan dan rasa nyeri dalam waktu yang lebih panjang, semakin awal hypnobirthing maka akan mengurangi gejala mual muntah yang umum terjadi.


Metode ini juga melibatkan peran suami dengan sesi endorfin massage yang biasa dilakukan di trimester  terakhir. Pijatan yang diberikan suami kepada istrinya yang sedang hamil besar memberikan sinyal  ke otak untuk melepaskan senyawa alami morfin ke seluruh tubuh sehingga nyeri dan stres ibu hilang. Tahapan ini juga membantu ibu melebarkan panggul untuk proses persalinan.
Karena minimnya edukasi tentang hypnobirthing, kebanyakan ibu hamil mendapatkan rileksasi di trimester akhir atau bahkan menjelang melahirkan. Ditambah minimnya dokter yang mendalami spesialisasi hypnobirthingdi Indonesia. Belum banyak rumah sakit yang menawarkan. Banyak bidan yang sudah mendapatkan edukasi hypnobirthin, namun hanya diterapkan menjelang waktu bersalin. Pada dasarnya wanita diberikan jalan untuk dapat melahirkan secara normal ini juga berarti hypnobirthing dapat diaplikasikan kepada semua ibu hamil yang memutuskan mengikuti metode hypnobirthing sudah berkonsultasi dengan dokter dan kehamilannya tidak mengalami masalah, seperti panggul sempit dan tidak ada penyakit yang diderita ibu selama hamil.

Tips

  1. Bagi ayah, beri dukungan penuh kepada istri dan turut serta dalam setiap jadwal terapi hipnosis agar istri tenang dan melahirkan dengan mudah.
  2. Ibu hamil disarankan mengikuti seluruh panduan terapi hypnobirthing sejak trimester pertama. Semakin panjang waktunya, kegelisahan , rasa nyeri, dan ketakutan ibu akan sirna.
  3. Pastikan ibu telah berkonsultasi kepada dokter kandungan dan telah dipastikan tidak ada masalah untuk melahirkan normal. Paling penting, ibu tidak memiliki panggul sempit untuk persalinan.
  4. Ibu tidak menderita penyakit selama kehamilan. Meskipun memberikan rasa nyaman, hypnobirthing tidak dapat menghilangkan penyakit. Penyakit yang dimaksud seperti diabetes, hipertensi, atau depresi yang diderita selama kehamilan.
  5. Pastikan memilih dengan cermat terapis hipnosis untuk persalinan yang telah bersertifikat. Ibu harus mencari info mendalam sebelum menentukan pilihan.