Nutrisi Untuk Balita

Seribu Hari Penuhi Masa Depan Anak

Seribu hari pertama sejak anak dalam kandungan merupakan masa penting bagi anak. Asupan gizi pada masa ini sangat menentukan masa depannya kelak.
2 tahun pertama pasca lahir menjadi saat-saat yang penting bagi anak, masa delapan minggu pertama dalam kandungan merupakan waktu terbentuknya cikal-bakal yang akan menjadi otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan, lengan, kaki, dan organ lain. Sementara priode 9 minggu hingga anak lahir merupakan masa pertumbuhan dan masa perkembangan lebih lanjut organ tubuh. Di mana keseluruhan fungsi tubuh siap untuk hidup di dunia baru, di luar kandungan ibu.
Paska kelahiran sabagian organ masih berkembang sampai usia 2 hingga 3 tahun, misalnya otak dampaknya bersifat permanen. Jika pada periode awal masa pertumbuhan sejak bayi di dalam kandungan sudah mengalami masalah kekurangan gizi maka akibatnya akan fatal, akan ada banyak pertumbuhan organ dan kecerdasan otak anak yang berpotensi mengalami gangguan atau minim pertumbuhan seperti pendek, kurang cerdas atau kurang tangkas, karena janin kurang gizi. bayi juga akan berisiko lahir dengan berat badan rendah dampaknya pun akan terus berlanjut pada anak hinga mencapai usia dewasa, yakni berpotensi mengalami masalah penyakit degeneratifkronis, seperti, hipertensi, diabetes, dan penyakit stroke.
Otak bayi setelah lahir masih mengalami perkembangan fungsi, kemudian tumbuh kembangnya akan menurun setelah usia 2-3 tahun. Proporsi pendek terjadi 16x lebih banyak pada perempuan yang pada usia 3 tahun sangat pendek, dibandingkan yang pendek ringan. Efek gizi kurang di dalam kandungan juga dapat memanjang ketiga generasi seperti diindikasikan oleh hubungan antara ukuran tinggi dan berat nenek dan berat badan bayi yang dilahirkan oleh seorang wanita dari generasi nenek. Selanjutnya cenderung melahirkan bayi kecil yang berisiko berprestasi pendidikan rendah dan pada akhirnya mempunyai status ekonomi yang rendah dan tubuh yang pendek pada usia dini dapat memperediksikan kinerjan kognitif dan risiko terjadinya penyakit jantung kororner saat
dewasa.

Asupan Penting Untuk Nutrisi Balita, yaitu :

Screenshot_311             1.  Zat besi
Zat besi adalah mineral yang penting untuk membuat hemoglobin,     bagian dari sel darah merah yang mentransfer oksigen dari paru-paru ke       jaringan tubuh. Zat besi juga penting untuk metabolisme, pertumbuhan
anak Anda. Tidak cukup zat besi pada anak-anak dapat menjadi anemia.
Minum terlalu banyak susu kalsium mengalahkan zat besi

2. Kalsium
Kalsium diperlukan untuk tulang yang kuat, otot, dan gigi,
kalsium merupakan nutrisi penting untuk balita. Masukkan 16 hingga 24
ons susu atau yoghurt setiap hari dalam menu hariannya sekitar 16 ons keju juga bisa, pilijan lainnya termasuk makanan yang diperkaya kalsium, seperti sereal, saus apel, atau granola bar.

3.  Kaliun (Potasium)
Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah rendah. Kalium biasanya terdapat pada sebagian besar buah-buahan dan sayuran, seperti pisang, melon, stroberi, semangka, brokoli, kacang polong dan kentang. Coba tambahkan bubur butternut squash untuk saus pasta, sate buah segar, smoothie, atau biarkan anak anda melahap potongan paprika merah dalam hummus secara cemilan.

4. DHA
Docosahexaenoic acid (DHA) merupakan blok bangunan penting untuk perkembangan otak. Sumber yang baik dari DHA adalah kuning telur, susu, dan ikan. Cobalah membuat roti ikan salmon atau ikan sarden Anda sendiri ke dalam saus tomat.

5.  Serat ( Fiber)
Serat sangat penting dokonsumsi terutama bagi balita yang sering sembelit. Isi setengah piring anak Anda dengan buah-buahan dan sayuran termasuk manu buah favoritnya. Biji-bijian adalah sumber serat yang baik.