Kencur

Screenshot_288

Kencur dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan dasar jamu tradisional. Kandungan minyak atsiri dapat dimanfaatkan sebagai pembersih tenggorokan, menghangatkan badan, dan berkhasiat pelangsing tubuh. Biasanya tukang jamu gendong menjual jamu beras kencur ini yang menjadi minuman favorit banyak orang.

Manfaat Kencur Untuk Kesehatan :

– Obat untuk masuk angin
Cuci bersih satu rimpang kencur, makan kencur bersama garam dapur lalu minumlah air hangat. Lakukan dua kali sehari untuk mencegah masuk angin.

– Menambah Nafsu Makan
Kandungan minyak atsirinya bersifat karminativum, bisa menambah nafsu makan.

– Mengurangi Lemak
Jika anda memiliki berat badan yang berlebihan, pastikan anda akan memiliki resiko yang cukup tinggi untuk terserang oleh penyakit. Untuk mengatasi itu anda harus bisa mengstabilkan berat badan agar ideal, sebaiknya anda mengkonsumsi kencur, karena kencur memiliki senyawa yang basah dari zat itu dapat mencegah pembentukan lemak berbahaya pada tubuh.

– Mengurangi Radang Sendi
Kandungan kurkumin kencur berfungsi untuk meningkatkan aliran empedu. cairan empedu yang pahit berwarna hijau berfungsi dalam proses penyerapan makanan agara tidak terganggu sehingga bisa mengontrol kadar kolestrol jahat dan menormalkan dalam.

– Mengobati keseleo
Satu rimpang kencur lalu di cuci bersih. Rendam segenggam beras kemudian campurkan rimpang kencur. Tumbuk keduanya hingga halus. Balurkan pada bagian tubuh yang keseleo.

– Menghilangkan darah kotor
Siapkan empat rimpang kencur, dua lembar daun trengguli, dua biji cengkeh kering dan adas secukupnya. Cuci bersih semua bahan tersebut, lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Minumlah dua kali sehari secara teratur.

– Mengobati radang lambung
Dua rimpang kencur dicuci bersih. Kupas kencur lalu dikunyah. Telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan pengobatan ini hingga sembuh.

– Mengobati diare
Tumbuk dua rimpang kencur dengan dua siung barang merah sampai halus. Siapkan daun pisang dan bungkus ramuan yang sudah ditumbuk. Bakar sampai hangat ramuan tersebut. Oleskan ramuan tersebut pada bagian perut.

– Sebagai obat batuk
Dua rimpang kencur di cuci bersih. Parut kencur lalu campurkan dengan segelah air hangat. Aduk rata dan disaring, lalu ambil airnya. Tambah sedikit garam dapur dan minum air ramuan tersebut sampai habis. Untuk perawatan, lakukan satu kali sehari.

– Mengobati mulas pada perut
Cuci satu rimpang kencur hingga bersih. Parut kencur tersebut lalu tambahkan dua sendok air masak dan sedikit garam. Lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minum air tersebut 2-3 kali sehari