Fakta Kanker Payu Dara

  • Apakah tanda-tanda kanker payudara?
    Tak hanya untuk kanker payudara, Yayasn Kanker Indonesia telah memberikan pedoman mendeteksi kanker yang disebut WASPADA.
    W ( waktu buang air kecil adakah gangguan atau perubahan kebiasaan),
    A (alat cerna terganggu atau sukar menelan),
    S (suara serak atau batuk yang tak kunjung sembuh),
    P (payudara atau bagian lain memperlihatkan benjolan),
    A (andeng-andeng atau tahi lalat yang berubah sifat, makin besar atau gatal)
    D ( darah atau lendir yang tidak normal yang akan keluar dari tubuh ), dan
    A (adanya luka yang tak mau sembuh)
  • Kenapa kanker payudara
    Kanker payudara mayoritas menyerang wanita? angka kejadian kanker payudara yang menyerang peria dan wanita 1 : 100. Mayoritas menyerang wanita karena masalahnya lebih banyak hormon estrogen dan progesteron. Namun bila menyerang pria, perjalanan penyakitnya menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan jaringan sekitar payudara pria tidak setebal wanita
  • Mungkinkah kanker payudara Sembuh total?
    Istilah ini kurang tepat. Akan lebih tepat bila memakai istilah five year survival rate ( angka kelangsungan hidup dalam lima tahun setelah didiagnosis kanker). Lamanya bergantung pada ciri-ciri tumor, ada-tidaknyan “anak sebar” yang biasa disebut stage TNM(tumor, node, metastasis)
  • Menyusui
    Bisa mengurangi risiko kanker payudara? Beberapa penelitian menyusui bayi selama 27-52 minggu dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara.
  • Rutin berolahraga
    Dapat mrngurangi risiko kanker payudara? Olahraga selama empat jam setiap minggu bisa mengurangi risiko kanker hingga 30%. Kanker itu, American Cancer Society menganjurkan para wanita untuk berolahraga selama 45-60 menit setiap hari