Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Bunga ceplukan ( physalis angulata ) ada di ketiak daun, dengan tangkai tegak berwarna keunguan serta dengan ujung bunga yang mengangguk. kelopak bunga sharing lima, dengan taju yang bersudut tiga serta meruncing. mahkota bunga menyerupai lonceng, berlekuk lima berwarna kuning muda dengan noda kuning tua serta kecoklatan di leher bagian didalam. benang sari berwarna kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

 

 

Buah Ciplukan

 

Buah ceplukan ( physalis angulata ) ada didalam bungkus kelopak yang menggelembung berupa telur berujung meruncing berwarna hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, dengan panjang lebih kurang 2-4 cm. buah buni didalamnya berupa bulat memanjang berukuran pada 1, 5-2 cm dengan warna kekuningan bila masak. rasa buah ciplukan manis serta kaya faedah jadi herbal.

 

Ciplukan, sesuai dengan bentuknya yang mirip-mirip dengan buah-buah untuk lalapan seperti Labu Siam, dan Terung, termasuk dalam famili tumbuhan Solanaceae (terung-terungan). Tapi meski nama tumbuhan ini berbau bahasa Nusantara, boleh percaya atau tidak, ia berasal dari kawasan tropis Amerika Latin.

Pohon ceplukan dianggap datang dari tempat tropis amerika serta tersebar ke beragam lokasi di amerika, pasifik, australia, serta asia terhitung indonesia. di indonesia, ciplukan tumbuh dengan alami di semak-semak dekat pemukiman sampai tepian rimba. tumbuhan yang kaya faedah jadi obat-obatan ( herbal ) ini dapat hidup sampai ketinggian 1. 600 meter dari permukaan laut.

Manfaat dan Khasiat Ciplukan sebagai obat:

Influenza, sakit tenggorok ,bronchitis, gondongan, pembengkakan buah pelir, bisul, borok, DM, Ayan, pembengkakan prostate .Uji pra klinis Anti tumor dan leukemia 5x lebih kuat dari Tapak Dara.
Bukan hanya namanya yang berfariasi, tanaman obat tradisional ciplukan juga kaya khasiat. Air perasan akar tumbuhan ini dapat diminum untuk mengobati cacing. Serta jika ingin menurunkan demam, akar ciplukan dapat direbus kemudian diminum. Daunnya juga memiliki khasiat yang tidak kalah banyaknya.
Kandungan kimiawi tersebut, seperti obat-obatan modern, telah diuji melalui proses laboratorium dan diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sesuai dengan sifatnya: analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), serta meredakan batuk. Dalam farmakologi Cina, tumbuhan ini diyakini memiliki rasa pahit dan sifat menyejukkan.
Walaupun semua bagian dari Ciplukan mulai dari akar, daun, dan buah, bisa digunakan, yang menggembirakan, Ciplukan ini tidak mempunyai efek berbahaya termasuk racun sekalipun. Hanya saja memang karena Ciplukan itu pahit rasanya, perhatikan dosis penggunaannya. Agar tidak pahit terus.Ciplukan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan bisul, borok, dan peradangan kulit. “Tidak perlu dikeringkan. Bisa dari setelah mengalami proses direbus, didinginkan dan diborehkan langsung ke bagian yang memerlukan.