Gejala Flu Babi

Flu babi menjadi teror dunia!! Negara-negara asia termasuk Indonesia sudah menyatakan status siaga 1 terhadap virus mematikan yang tidak kalah mematikan dengan flu burung yang mulai menyebar di Eropa ini. Pemerintah menyatakan impor daging babi sementara dihentikan demi keamanan di Indonesia.

Sementara itu, pemeriksaan sinar X maupun manual terhadap barang-barang penumpang sudah dilakukan di terminal Soekarno Hatta (Jakarta), Juanda (Surabaya) dan Ngurah Rai (Denpasar). Rencananya dalam waktu dekat akan disediakan alat pengukur suhu tubuh atau yang dikenal dengan nama termograf.

Virus Flu Babi ini dimungkinkan karena virus influenza tipe A. Penyakit ini cenderung mewabah di musim dingin. Flu babi biasanya tidak menjalar pada manusia. Catatan penyebaran dari manusia ke manusia sangatlah jarang. Namun perubahan virus flu mematikan ini bisa saja terjadi penularan dari manusia ke manusia.

Batuk, nyeri otot, tenggorokan, muntah, diare, demam tiba-tiba, merupakan ciri-ciri terjangkitnya flu babi ini. Meski belum ada bukti penyebaran virus ini dari daging babi, penyebarannya harus diwaspadai. Pesan yang bijak adalah, waspadai semua hal yang berhubungan dengan babi dan ayam. Sanitasi lingkungan harus ditingkatkan agar tidak muncul virus-virus lainnya yang lebih mematikan.

GEJALA PADA BABI

* Peningkatan suhu tubuh, depresi, batuk, keluar cairan dari hidung atau mata, bersin, susah bernafas, mata merah, tak mau makan.

GEJALA PADA MANUSIA

* Demam, lesu, kurang semangat, batuk, hidung meler, radang tenggorokan, mual, muntah, diare.

* Tahap lanjut, terjadi sesak nafas. Kematian terjadi akibat kegagalan pernafasan.

PENULARAN

Manusia terinfeksi virus H1N1 dari babi melalui kontak langsung atau via benda-benda yang terkontaminasi. Flu babi menular dari manusia ke manusia, lalu bercampur dengan virus flu manusia lewat udara (bersin, batuk).

PENCEGAHAN

* Tutup hidung dan mulut dengan tisu saat batuk/bersin. Buang tisue ke tempat sampah.

* Cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah batuk atau bersin. Bisa juga gunakan tisu alkohol.

* Hindari kontak dengan penderita flu.

* Jika sakit, hendaknya tetap berada di rumah.

* Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut. Virus menular lewat bagian tubuh tersebut.

* Jangan memakan daging babi yang telah terinfeksi flu H1N1. Masaklah daging babi pada suhu minimal 70 derajat Celcius agar semua virus dan bakteri mati.