Manfaat Buah Matoa

Manfaat Dan Khasiat Buah Matoa

Buah matoa mempunyai bentuk kecil dan bewarna hijau ketika masih muda. Ketika sudah matang buah matoa ini bewarna coklat kehitaman. Buah Matoa mempunyai kulit yang keras diluarnya. Habitat tumbuh matoa hampir menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari pulau sumatera hingga papua, buah matoa tersebar di seluruh daerah. Itu artinya manfaat dan khasiat buah matoa dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat indonesia di berbagai daerah.

Buah Matoa mempunyai beberapa julukan berbeda. Nama tersebut sesuai dengan daerah tinggal buah matoa. Di sumatera buah matoa sering disebut dengan pakam, kasai atau kungkil. Di sunda buah matoa akrab di panggil leungsir. Di jawa sering disebut dengan Kayu. Di kalimatan buah ini dipanggil pakam kasai gunung atau kungkil. dan Sulawesi buah matoa diberi nama latut, nautu, kase dan landing nama matoa sendiri  berasal dari kepulauan Maluku.

Berikut adalah beberapa manfaat buah matao  secara rutin :

1. Buah matoa dapat mengobati disentri

Untuk mengobati disentri dengan menggunakan buah matoa, anda bisa memanfaakan daun buah matoa untuk mendaptkan khasiatnya. Rendaman daun buah matoa suah dipercaya sejak dahulu sebagai obat disentri.

2. Buah Matoa menyehatkan kulit

Buah matoa mengandung vitamin E yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, kulit juga akan lebih halus. Beberapa produk kosmetik yang menawarkan kesehatan pada kulit, sering memamerkan kandungan vitamin E. Jika anda ingin yang lebih alami, konsumsi saja buah matoa seara rutin.

3. Buah Matoa membantu mengurangi resiko terkena jantung

Jika anda mulai terkena pola makan kurang sehat, anda dapat mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah matoa. Kandungan vitamin C pada buah matoa juga dapat bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

4. Buah Matoa membantu mengurangi resiko penyakit kanker

Buah matoa mengandung antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berasal dari zat karsinogen. Vitamin C pada buah matoa akan membantu mengaktifkan antioksidan ini.

5. Buah matoa dapat menghilangkan stress

Di dalam biah matoa terkandung suatu zat yang bisa digunakan sebagai penenang. Salah satu kandungannya yaitu vitamin E dapat membantu menghilangkan stress. Konsumsi buah matoa secara langsung dengan rutin dapat mengurangi stress yang anda alami.