Hambat Penuaan dengan Antioksidan

antioksidan

Antioksidan berfungsi membatasi dan memperbaiki kerusakan sel kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dan faktor-faktor dari luar lainnya. Dokter spesialis kulit mengatakan tanda-tanda utama penuaan pada kulit di antaranya terdapat flek-flek hitam, kerutan di daerah mata karena kulit daerah mata paling tipis, mata lebih berat (grumpy eyes) dan wajah terlihat seperti segitiga terbalik dengan bagian rahang melebar.

Pada usia 20 tahun sebenarnya proses penuaan mulai berjalan. Tetapi, baru terlihat dengan jelas pada usia 30-an tahun. Proses penuaan dibagi menjadi dua tahap, yaitu internal atau kronologi (chronological aging) dan eksternal (photo aging). Penuaan internal ditunjukkan dari adanya perubahan alami pada struktur, fungsi, serta metabolik kulit seiring berlanjutnya usia. Sementara proses eksternal yaitu proses yang menyangkut berkurangnya kolagen serta serat elastin kulit akibat dari faktor luar.

Contohnya polusi, makanan yang tidak sehat, asap rokok, atau paparan sinar ultraviolet A atau B. Faktor eksternal tersebut menghasilkan radikal bebas yaitu molekul tidak stabil yang kehilangan pasangannya dan berusaha mencari pasangan dengan menempel pada sel sehat yang sudah berpasangan. Hal tersebut mebuat bahaya karena dapat menggangu fungsi organ tubuh tertentu termasuk menimbulkan penuaan dini pada kulit. Sebenarnya, radikal bebas diperlukan sebagi bagian dari sistem pertahanan tubuh. Tetapi, jika berlebihan akan berbahaya dan makin cepat merusak kulit Anda.

Untuk melawannya tubuh bukuh antioksidan. Antioksidan merupakan pemangsa radikal bebas sekaligus sebagai pelindung kulit. Senyawa kimia ini akan membatasi dan memperbaiki kerusakan sel kulit yang terjadi sebagai akibat dari faktor eksternal tersebut. Antioksidan juga mampu merangsang produksi kolagen yang merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit.

Antioksidan alami dapat bersumber dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, padi-padian, serta polong-polongan. Bisa juga didapatkan lewat berbagai produk suplemen atau krim wajah. Selain menggunakan antioksidan, untuk menjaga kesehatan kulit serta menghindari penuaan dini, Anda harus rajin membersihkan kulit secara teratur minimal dua kali sehari, berolahraga rutin, tidur yang cukup, lindungi kulit dari sinar matahari, tidak merokok, dan hindari minuman berakhohol.