Manfaat Kentang

Manfaat Kentang untuk kesehatan :

Tinggi serat
Kentang mengandung serat yang cukup tinggi, sejajar dengan roti gandum, sereal, dan pasta. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut, kentang bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Kentang juga sering dilibatkan banyak orang untuk membantu program diet mereka.

 Melawan penyakit
Kentang diketahui dapat membantu mengurangi risiko kanker seperti kanker prostat dan kanker rahim. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kentang baik untuk melawan penyakit jantung. Kentang mengandung vitamin B6 yang dapat membantu anda untuk melawan gangguan saraf dan pembentukan kristal atau tumor.

Baik untuk kesehatan kulit
Kentang mengandung vitamin C yang sangat baik bagi tubuh anda terutama kulit wajah. Membalurkan jus kentang di area wajah dapat membuat kulit wajah anda cantik dan bersinar. Kentang bermanfaat menghilangkan noda hitam di kulit dan wajah Kentang dapat digunakan untuk menghilangkan noda hitam di wajah atau bagian kulit lainnya. Kandungan berbagai vitamin serta zat yang sangat bermanfaat dapat membantu menjaga kulit agar tampak bersinar dan bercahaya serta flek hitam di wajah. Hal ini dipercaya dapat membantu mencegah penuaan dini agar wajah tetap kencang.

Membantu mengurangi kadar kolesterol
Mungkin anda sering mendengar banyak mitos tentang bagaimana kentang dapat menggemukkan badan. Namun dalam kenyataannya, kentang tidak mengandung kalori yang banyak seperti halnya nasi. Bahkan kentang memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga anda tidak mudah lapar. Selain itu, kentang dapat membantu anda untuk mengurangi kadar kolesterol.

Baik untuk otak
Kentang kaya akan zat besi dan tembaga yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak.

Membantu mengurangi peradangan
Jika anda sedang mengalami peradangan baik eksternal maupun internal, kentang bisa membantu anda untuk mengatasi hal tersebut. Kentang merupakan makanan yang mudah dicerna dan mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Kentang juga dapat membantu mengatasi peradangan atau luka yang ada di mulut. Untuk peradangan eksternal, jus kentang sangat bermanfaat untuk mengobati memar, luka bakar, keseleo, dan bisul. Selain itu, kentang diketahui dapat membantu melawan efek narkotika dan masalah kulit.

Baik bagi penderita batu ginjal
Kentang memang mengandung zat besi dan kalsium yang juga membantu pembentukan batu ginjal. Namun, kentang sangat kaya akan magnesium yang dapat menolak akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal dan jaringan lain sehingga kentang terbukti bermanfaat dalam mengobati batu ginjal. Para dokter juga menyarankan penderita batu ginjal untuk melibatkan kentang di setiap makanannya. Kentang memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang mungkin dapat membantu pembentukan batu ginjal, namun dengan kandungan magnesium pada kentang dapat menghambat kalsium pada batu ginjal tersebut.

Meredakan stres
Mengandung vitamin B6, kentang sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres yang berasal dari pikiran. Kentang membuat hormon adrenalin yang dapat merespon stres, hingga pada akhirnya membuat tubuh menjadi rileks dan memberikan perasaan yang menenangkan.

Manfaat kentang untuk penderita diabetes

Kentang ternyata dapat digunakan sebagai cara mencegah diabetes secara alami karena kandungan gula yang sangat rendah. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kentang dapat kita gunakan sebagai pengganti nasi, terutama bagi anda yang menderita diabetes. Kentang merupakan makanan sehat yang penting untuk dipertimbangkan terutama bagi anda yang mengalami gejala penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Kentang Kaya Akan Vitamin

Kentang sangat kaya akan vitamin yang dapat membuat tubuh kita segar bugar, beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terdapat pada kentang. Berikut beberapa vitamin utama dalam kentang, vitamin C, Vitamin B, Magnesium, dan zat besi. Berbagai vitamin ini memang vitamin yang dibutuhkan tubuh  dan kentang dapat menyediakannya dengan komplit.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Para peneliti di Institute for Food Research di Norwich menemukan bahwa tekanan darah dapat diturunkan dengan molekul dalam kentang yang disebut kukoamines. Pengobatan Tradisional Cina menggunakan tanaman, Lycium chinense yang berisi kukoamines sebagai teh untuk menurunkan tekanan darah. Namun dosis dan jumlah kentang untuk menurunkan penyakit hipertensi ini belum ditentukan secara tepat.

 

Kentang dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular

Agricultural Research Service di Navarre, Amerika, telah mengidentifikasi 60 jenis fitokimia dan vitamin dalam kulit kentang. Flavonoid merupakan zat yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar LDL kolesterol jahat dan menjaga arteri bebas lemak. Vitamin B dalam kentang juga melindungi fungsi arteri. Vitamin B6, ditemukan dalam kentang, mengurangi tingkat molekul yang disebut homocysteine ​​yang menjadi penyebab peradangan dan melapisi arteri agar lebih tebal. Tingkat homocysteine ​​yang tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko yang signifikan dari serangan jantung dan stroke.

Kentang Menjaga Kesehatan usus

Sebuah kentang dapat menyediakan 12 persen dari jumlah serat harian yang direkomendasikan, sama halnya dengan berbagai makanan seperti roti gandum dan sereal. Tingginya kadar serat dalam makanan ini dapat membantu melancarkan BAB dan agar gerakan usus lebih teratur dan mencegah kanker usus.