Manfaat Genjer

Manfaat Genjer bagi Kesehatan :

1. Meremajakan sel-sel tubuh

Kandungan protein yang terdapat dalam tanaman genjer dapat berperan dalam membantu memproduksi sel-sel yang terdapat didalam tubuh kita. Seperi yang sudah kita tau bahwa tubuh kita memproduksi jutaan sel setiap harinya, untuk menggantikan sel-sel yang sudah tidak berfungsi. Nah, protein ini lah yang dapat berperna dalam membantu produksi sel-sel tubuh.

2. Cadangan energi dalam tubuh

Sebagaimana fungsi lemak didalam tubuh kita, lemak pada genjer juga berperan sebagai cadangan energi tubuh.

3. Memperkuat tulang

Berdasarkan data diatas, bahwa kandungan nutrisi genjer adalah kalsium. Jika pada anak-anak kalsium berperan dalam pertumbuhan tulang, berbeda halnya dengan orang dewasa kalsium berperna dalam memperkuat tulang dan mengurangi risiko terkena osteoporosis. Berdasarkan pengalaman pribadi, bahwa orang tua saya yang sudah sering merasakan ngilu pada persendiannya dan kemudian mengkonsumsi genjer. Hanya dalam waktu satu hari saja manfaat genjer tersebut telah dapat terasa yaitu ngilu pada persendian akan hilang.

4. Mencegah kanker kolon dan mencegah sembelit

Kanker kolon biasanya terjadi akibat pola makan yang tidak benar dan berdampak akibat pada tidak lancarnya pencernaan. Genjer mengandung serat yang tinggi sehingga berfungsi dalam melancarkan pencernaan. Seseorang yang mengonsumsi genjer secara rutin, dapat dipastikan bahwa dia akan jauh dari risiko terkena kanker kolon. Selain itu berdasarkan sebuah penelitian, bahwa orang yang rutin dalam mengonsumsi genjer tidak akan terkena sembelit (susah buang air besar).

5. Mengurasi risiko penyakit jantung dan kanker

Kandungan polifenol dalam genjer dapat berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah terkena penyakit jantung dan kanker. Dalam genjer terdapat flavonoid yang bisa berperan sebagai anti kanker. Namun flavonoid bukan satu – satunya senyawa anti kanker yang bisa ditemukan pada tumbuhan genjer. Polifenol, adalah salah satu senyawa lain yang terkandung dalam tumbuhan gulma ini. Menurut sumber yang Ubul baca, konon senyawa polifenol dapat mengurangi resiko penyakit jantung, serta kanker. Polifenol juga dikenal sebagai senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, membantu menjaga sel – sel dalam tubuh kita dari kerusakan.