Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka

A. Pengertian Dari Buah Semangka

Buah Semangka merupakan nama buah yang populer di Indonesia, disamping harganya yang murah buah semangka juga memiliki banyak manfaat. Buah semangka memiliki bentuk bulat dan oval, tapi sekarang buah semangka memiliki bentuk yang aneh-aneh seperti persegi, segitiga dll.

Buah Semangka mengandung protein, rendah kalori, air, karbohidrat, lemak, serat, abu, vitamin (ABC), asam amino, sirulin, asam aminosetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain, likopen, kareton, bromine, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Kandungan yang sebanyak itu tentunya memiliki banyak manfaat dan berikut adalah manfaat buah semangka beserta manfaatnya :

1. Penghalus kulit dan Penghilang flek hitam

Jemur kulit semangka secukupnya sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk, masukkan 3 sendok serbuk semangka kedalam jus lidah buaya atau satu buah mentimun. Kemudian aduk rata, gunakan sebagai masker.

2. Obat Kencing Manis

Potong kulit buah semangka dan jambu biji yang masih mangkal, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa segelas dan minum setelah dingin.

3. Mengeluarkan Cacing usus

Rebus dengan api kecil biji semangka segar (6 sendok makan ) dengan 1 liter air selama 45 menit, setelah dingin di saring dan diminum sehari 3 kali.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Sehari minum 2 gelas jus buah semangka atau bisa tanpa di jus.

5. Obat Sariawan

Saat mengupas buah semangka, sebaiknya bagian hijau dari semangka jangan dibuang. Bagian hijau dari buah semangka bisa mengobati semangka.

6. Membersihkan Ginjal

Kandungan semangka akan meningkatkan pengeluaran urine.

7. Penurunan demam dan bau nafas

Memakan 500-1000g Buah semangka dapat menurunkan demam.

8. Anti  Radikal Bebas

Kandungan Likopen dalam semangka dapat mengkal radikal bebas.

9. Mengatasi pusing saat terkena panas matahari

Dengan Meminum jus semangka sebanyak 1-2 cangkir

10. Obat Busung Lapar

Caranya biji semangka dijemur sampai kering, lalu digiling menjadi serbuk, ambil serbuk sebanyak 1 sendok makan, lalu seduh dengan tiga perempat cangkir panas. setelah hangat tambah 1 sendok madu. aduk secara merata terus minum.