Mengatasi Kaki Kram

Sebelum kita beranjak ke penyebab-penyebabnya, ada baiknya jika kita menyinggung sedikit tentang kram itu sendiri. Kram merupakan semacam penegangan otot yang terjadi secara spontan (mendadak) yang jika dirasakan sangat sakit sekali dan dibuatnya tak berdaya. Biasanya kram terjadi di sekitar betis atas dan bawah. Di situlah penegangan otot-otot kaki sering terjadi. Biasanya kram itu sendiri terjadi selama kurun waktu detik saja tak sampai menit.
Kram ini terjadi ketika seseorang orang melakukan olah raga berat, seperti menggandalkan kaki sebagai kekuatan dominan. Contohnya olah raga sepakbola. Dalam sebuaholahraga sepakbola pastinya kita selalu mengandalkan kekuatan kaki untuk berlari-lari mengelilingi lapangan, di situ otot kita bekerja sangat full power sehingga kita tidak menyadari bahwa otot kita bekerja sangat full power dan akhirnya menyebabkan penegangan. Contoh lain seperti olahraga renang.
Adapun penyebab-penyebab yang memacu timbulnya kram yaitu sebagai berikut:

 

  1. Terlalu lelah pada bagian ototnya
  2. Terlalu memaksa untuk mengeluarkan segala kukuatan otot, otot kaki maupun lainnya
  3. Yang paling rawan yaitu penggumpalan asam laktat
  4. Terhambat sirkulasi darah ke jaringan otot
  5. Kekurangan ion tubuh seperti Ca dan K, disarankan sering mengonsumsi suplemen
  6. Ada penggumpalan dalam darah

 

Disini ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda  untuk mengatasi kram. Berikut tips/cara mengatasi kram:
1. menghindari dari pemakaian sepatu sempit
Ketika kita memakai sepatu yang sempit, rasanya batin kita tertekan terus-menerus selama memakainya dan itu bisa membuat aliran darah pada bagian kaki kita semakin mengecil akhirnya kaki pun kekurangan aliran darah. Padahal seluruh bagian tubuh kita memiliki hak untuk mendapatkan aliran darah. Itu dapat memacu munculnya kram pada kaki.
2. hindari pemakaian hak tinggi
Jika terpaksa memakai hak tinggi, tips saya, lepaslah ketika ada kesempatan waktu longgar untuk melepaskannya. Karena selain penampilannya yang oke, hak tinggi bisa membuat kita mengalami kekurangan aliran darah pada bagian betis.
3. melakukan olahraga jari-jari kaki
Walaupun hanya menggerak-gerakkan jari kaki, sebenarnya itu sangatlah bermanfaat untuk proses sirkulasi darah.
4. menjaga keseimbangan cairan tubuh
Mengonsumsi air putih sangat dianjurkan bagi para olahragawan, karena setelah olahraga kadar air dalam tubuh kita keluar melalui keringat. Maka dari itu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sebelum dan sesudah berolahraga.
5. penuhi kebutuhan mineral dalam tubuh
Asupan yang disarankan adalah sekitar 800-1000 mili gram kalsium dan 4,5-4,7 gram kalium. Sementara magnesium untuk pria diajurkan tiap harinya 390-430 mili gram, untuk wanita sekitar 300-330 mili gram per harinya. Kita dapat mengambil nutrisi itu dari khususnya buah-buahan yang segar, kandungan-kandungan di dalam nya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
6. memijit atau rendam air hangat
Memijit dan berendam adalah salah satu hal yang simpel. Namun, kebanyakan orang sukar untuk mempraktekkannya. Pada hal cara ini sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di bagian kaki