manfaat dari akar kuning

Manfaat akar kuning

Manfaat Akar Kuning bagi kesehatan tubuh manusia. Akar kuning ,Pohon bunga Cempaka hutan, Bunga Lonceng atau Bunga akar Kuning, dalam bahasa latin Fibraurea Chloroleuca merupakan jenis tanaman Bunga akar Kuning yang menyimpan khasiat obat untuk tubuh manusia.

Tumbuhan akar kuning ini termasuk tumbuhan obat yang sulit dicari. Sedangkan nama lain dari Akar kuning Tali kuning, daun bulan, bunga cempaka hutan selain itu orang jawa menyebutnya Sirawanan, Oyod, atau Airawan. Di Sunda namanya Areui ki koneng. Akar kuning termasuk juga didalam jenis tanaman Pamili Menisperinaceace. Tanaman akar kuning berasal dari Negara Brazil dan dapat ditemui di daerah yang tanahnya lembab serta langsung terkena sinar matahari. Pohon akar kuning di Indonesia terkenalnya dari pulau Kalimantan. Ciri –ciri tanaman Akar Kuning tumbuhnya memanjat melingkar, menjuntai,dan memilin dengan panjang 20 meter atau lebih, Bentuk daun dari akar Kuning bulat dan daun kaku, Batang bawah bentuknya tegak, berduri, tebal dan kuat. Didalam batangnya mempunyai warna kuning dan rasanya pahit.  Tanaman bunga akar kuning tumbuh subur di daerah seperti pulau Kalimantan yang kita ketahui merupakan daerah hutan tropis.

Menurut hasil penelitian para ahli, Kandungan kimia didalam kayu akar kuning terdapat senyawa alkaloid berberin berwarna kuning. Sedangkan senyawa didalam tangkai,akar, batang akar kuning terdapat dehidrokoridalm, pinarhin, chalifedin, 8hydrosberberin dan columbanin. Biji akar kuning terdapat kandungan Saponin, daging buah akar kuning mengandung zat lender yang sampai sekarang belum di ketahui oleh para ahli.

Manfaat Akar kuning dapat untuk digunakan menjadi obat anti kanker maupun obat antimalaria. Selain itu kegunaan akar kuning juga bisa bermanfaat untuk obat Hebatitis, cacar / krumut, Menambah daya tahan tubuh / meningkatkan daya dan stamina tubuh secara alami dan memperbaiki fungsi dari hati, manfaat akar kuning dapat juga untuk obat penyakit kuning, obat cacing, mengurangi dan mencegah gangguan pencernaan dalam tubuh, Disini saya berikan contoh cara penggunaan atau memakai akar kuning, siapkan batan akar kuning dan dipotong kecil – kecil lalu direbus sampai warna airnya kuning, setelah itu siap diminum  air hasil rebusan tersebut