manfaat akar ginseng

Manfaat akar ginseng

Ginseng (Panax) adalah tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jika dilihat Ginseng bentuknya mirip manusia berukuran kecil. sejak ribuan tahun ginseng telah diburu manusia untuk dijadikan obat. Ginseng yang paling mahal dan punya kualitas baik adalah ginseng liar yang berasal dari Manchuria .Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, dan Indonesia. Ginseng sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional. Didalam ginseng terdapat kandungan sejenis zat aktif yang terdiri dari ginsenosides atau eleutherosides, selain itu juga mengandung minyak atsiri, sterol, polisakarida, gula, pektin, vitamin B1, B2, dan B12, kholin, lemak serta mineral ( termasuk seng, tembaga, magnesium, kalsium, zat besi, mangan dan vanadium ).
Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, penguat daya tahan tubuh, mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, memperbaiki kondisi mental dan gangguan kejiwaan, meningkatkan pengeluaran cairan tubuh dan mencegah diabetes, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, mengeluarkan racun, serta membantu untuk memulihkan penyakit.
– Konsumsi ginseng dalam bentuk bubuk dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di mana hal ini bisa terjadi karena dipicu oleh proses regulasi kelenjar endokrin, ginseng juga dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan dan membantu secara efektif mengatasi fisiologis, ketegangan biologis dan psikologis.

-Ginseng memiliki kandungan vitamin C, yaitu antioksidan yang membantu meningkatkan proses kognitif.

-Ginseng membantu meningkatkan libido seseorang sebesar 180% dan kesuburan bagi pria maupun wanita. Di mana ginseng membantu jumlah sperma pria meningkat sampai hampir 200%. Di samping itu, pria yang mengkonsumsi ginseng mengembangkan fungsi ereksi dan kualitas sperma. Sedangkan bagi wanita yang menderita penyimpangan hormon atau menopause, mengonsumsi ginseng dapat menurunkan nyeri siklus menstruasi dan gejala menopause.

-Ginseng juga dapat membantu meningkatkan produksi estrogen, yang menguntungkan bagi wanita perimenopause dan menopause.

– ginseng dapat membantu mencegah osteoporosis. Kondisi ini bisa terjadi karena ginseng memiliki kandungan kalsium.

-Ginseng bertindak sebagai stimulan untuk membantu fungsi adrenal. Karena gingseng membantu meningkatkan energi dan stamina badan.

– zat besi dalam ginseng dapat membantu untuk mengurangi risiko anemia (kurang darah).

-Glucosinolates merupakan salah satu unsur ginseng, yang memiliki sifat anti-mutagenik dan anti-karsinogenik, karena ginseng membentengi tubuh untuk jenis kanker tertentu.

-Ginseng juga dapat membantu menangani sembelit dan membantu dalam pengeluaran tinja.
-ginseng juga dapat membantu memperbaiki daya ingat pada pasien stroke yang mengalami kepikunan.
-bagi yang susah tidur malam, ginseng juga membantu tubuh menstimulasi glandula endoktrin untuk metabolisme vitamin dan mineral dengan baik, sehingga dapat membantu menyerap gizi dengan sempurna yang bisa membuat orang nyaman tidur. Karena salah satu penyebab susah tidur atau insomnia adalah penyerapan gizi yang tidak sempurna.
Efek samping konsumsi ginseng
Bila pemakaian ginseng sesuai dengan ukuran tidak akan menimbulkan efek samping. Namun bila mengkonsumsi ginseng secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, antara lain gangguan emosi, gangguan tidur, tekanan darah naik, sakit kepala, dan diare. Kelebihan dosis khususnya ginseng China bersifat stimulan, akan meningkatkan aktivitas hormon estrogen secara berlebihan yang bisa menyebabkan tumor, pendarahan haid yang hebat. Dan apabila ginseng China dikombinasi dengan teh, kopi, dan minuman kola juga akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Bagi wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ginseng, karena ginseng bisa mengencerkan darah sehingga dikhawatirkan akan timbul pendarahan yang berat pada saat melahirkan. Oleh sebab itu konsumsilah ginseng sesuai dosis yang dianjurkan. Karena bagaimanapun segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik!!