Penyandang Diabetes Dalam Perjalanan

Perjalanan

Anda sbeagai penyandang diabetes dapat berpergian kemanapun anda suka. Hanya memerlukan sedikit perencanaan untuk pengendalian diabetesnya. Bagaimana mempersiapkan perjalanan tergantung ke mana dan berapa lama.

Persiapkan

  • Bila perjalanan jauh, periksa ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan bahwa cukup sehat.
  • Lakukan vaksinasi bila perlu.

Minta surat keterangan kesehatan dari dokter anda yang mencantumkan:

 

–          Status kesehatan anda.

–          Obat-obat yang digunakan

–          Peralatan yang digunakan seperti alat periksa glukosa darah, jarum suntik.

–          Apakah anda alergi terhadap obat atau makanan.

 

Ini diperlukan agar anda tidak mendapat ksulitan bila ada pemeriksaan karena membawa   peralatan suntik dan obat-obatan dalam jumlah banyak. Demikian juga untuk            mengantisipasi bila anda sakit dalam perjalanan.

  • Minta resep dokter untuk obat-obatan yang biasa anda pakai.
  • Perlengkapan yang dibawa:

–          Bawalah obat atau insulin sebanyak dua kali lipat dari yang anda perlukan

–          Alat suntik

–          Glucose meter

–          Glucose kits

–          Tablet glukosa atau gel.

–          Makanan.

 

  • Bawalah kartu asuransi kesehatan
  • Penyandang diabetes berisiko tinggi untuk mengalami gangguan kulit dan kaki. Keringat akan mengganggu kebersihan kulit. Maka dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang lebih ringan dan menyerap keringat. Untuk mencegah lecet pada kaki, jangan gunakan sepatu baru dalam perjalanan. Bawalah sepatu lama yang paling nyaman digunakan.

 

Selama Perjalanan

  • Makan dan Minum

Selama perjalanan usahakan makan dan minum sesuai kebiasaan makan dirumah. Jika terjadi keterlambatan dalam perjalanan makanlah makanan yang dibawa dari rumah. Jangan tunggu smapai jadwal makan berikutnya tiba.

Perhatikan komposisi makan yang dimakan selama perjalanan. Makanan dapat berupa krekers, keju, jus atau Diabetasol.

 

  • Perjalanan panjang dalam cuasa yang panas atau menggunakan AC akan membuat seseorang merasa kehausan. Minuman yang paling tepat untuk mengatasi hal ini adalah air mineral. Hati-hati meminuman dalam kaleng karena biasanya jenis minuman ini banyak mengandung gula yang akan meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat.

 

  • Gangguan Kesehatan

Perubahan pola rutinitas dan kelelahan selama perjalanan dapat menurunkan kondisi kesehatan. Penyakit yang dapat timbul selama melakukan perjalanan pada penyandang diabetes adalah penyakit yang berhubungan dengan diabetesnya dan penyakit lain yang juga sering dialami kebanyakan orang selama melakukan perjalanan.